5 Tradisi Unik di Jepang, Salah Satunya Jam Kerja yang Over!

Kanau.org – Jepang merupakan negara yang unik. Selain terkenal karena animenya, Jepang juga memiliki tradisi yang cukup aneh. Beberapa di antaranya masih dipertahankan hingga saat ini.

Kalian ingin tahu 5 tradisi unik di Jepang? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Jam Kerja 100 Jam Per Minggu

Jika biasanya jam kerja normal adalah 40 jam per minggu atau sekitar 8 jam per hari, hal ini justru tidak berlaku di Jepang. Budaya kerja di sana menerapkan jam kerja selama 100 jam per minggu atau sekitar 16 hingga 20 jam per hari.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Orang Jepang di sana menggunakan waktu istirahat mereka untuk lembur menyelesaikan pekerjaan. Jam kerja yang ekstrim ini merupakan akibat dari biaya hidup di Jepang yang tinggi. Orang Jepang biasnya lembur sampai pukul 11 malam kemudian pulang untuk istirahat sebentar. Pada keesokan harinya, mereka akan lanjut bekerja.

Tidak Berbicara di Kereta

Jika berada di kendaraan umum, pastinya kita tidak tahan untuk mengobrol. Mengobrol sepanjang perjalanan seperti di kereta dilakukan supaya kita tidak bosan. Namun, berbicara di kendaraan umum seperti di Jepang justru tidak diperkenankan loh.

Jika kalian berbicara di kendaraan umum, orang-orang akan memandang kalian rendah. Jadi, sebaiknya kalian tahan dulu mengobrol jika berada di kendaraan umum.

Ojigi

Pernahkan kalian mendengar istilah Ojigi? Ojigi adalah tradisi membungkukkan badan sebagai tanda salam untuk menunjukkan rasa hormat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang Jepang memiliki kesopanan yang baik.

Tradisi Ojigi bertahan sampai sekarang. Mereka tidak hanya menyapa orang yang dikenal, tapi juga untuk orang yang tidak dikenal. Mulai dari pegawai hingga para murid melakukan tradisi yang satu ini.

Tertidur Saat Bekerja

Apa pendapat kalian jika melihat pegawai yang tertidur di tempat kerja? Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa kinerja pegawai tersebut tidak bagus dan hal negatif lainnya. Namun, di Jepang hal ini dipandang sebagai hal normal.

Tidak sedikit pegawai yang ketiduran ketika berada di kantor. Hal ini dapat dimaklumi mengingat jam kerja di Jepang sangat ekstrim yaitu 100 jam perminggu. Orang Jepang menganggap bahwa pegawai yang tertidur saat kerja telah bekerja dengan keras sampai kelelahan.

Kebiasaan memakai masker

Pastinya kalian ingat pademi covid 19 yang sempat menghebohkan dunia. Pandemi tersebut menyebabkan semua orang wajib menggunakan masker agar terhindar dari virus. Rupanya, budaya menggunakan masker telah diterapkan di Jepang jauh sebelum pandemi.

Orang Jepang sangat menjaga kesehatan, salah satunya dengan cara menggunakan masker ketika berpergian. Orang Jepang tidak ingin terserang penyakit menular seperti influenza. Jika mereka terkena flu, maka mereka harus benar-benar sembuh baru dapat bekerja atau sekolah.

Nah, demikianlah 5 tradisi unik di Jepang. Bagaimana jika tradisi tersebut diterapkan di negara kita menurut Kanauzen?