5 Budaya di Jepang yang Terkenal, Sudah Tahu?

Kanau.org Jika kita membahas Jepang, tidak akan ada habisnya. Jepang memiliki wisata yang unik, sampai budaya yang terkenal. Ada banyak budaya di Jepang yang terkenal, bahkan sampai ke negara bagian barat.

Kira-kira apa saja budaya Jepang di Jepang yang terkenal? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Geisha: Seniman Penghibur Tradisional Jepang

Geisha merupakan salah satu budaya di Jepang yang terkenal. Bagi orang awam, sosok Geisha dianggap sebagai makhluk misterius. Seniman asal Jepang ini seringkali dianggap profesi tradisional yang salah diartikan.

Geisha sudah ada sejak abad ke 18. Namun sayang, seiring berjalannya waktu, kebudayaan Jepang yang satu ini mulai menurun. Walaupun begitu, masih ada beberapa di antara orang Jepang yang tetap mempertahankan Geisha.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jepang yang Bisa Kalian Kunjungi Part 2, Rencanakan Liburan Kalian Sekarang!

Matsuri: Festival

Buat kalian yang sering menonton drama Jepang atau anime, pasti tidak asing dengan istilah Matsuri. Matsuri merupakan festival budaya di Jepang yang diselenggarakan pada musim panas. Biasanya, Matsuri berhubungan dengan kuil, yaitu kuil Buddha dan kuil Shinto.

Matsuri sendiri adalah acara untuk berdoa dan bersembahyang. Pada festival ini, banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan festival budaya terkenal yang satu ini. Tujuan diadakannya Matsuri yaitu sebagai bentuk doa atas keberhasilan panen, bisnis yang sukses, dan lain sebagainya.

Kimono: Pakaian Tradisional Jepang

Pastinya Kanauzen tidak asing dengan istilah kimono bukan? Kimono merupakan pakaian tradisional khas negara Jepang. Kimono berasal dari kata “ki” yang berarti pakai dan “mono” yang berarti benda atau barang. 

Pada awalnya, Kimono adalah pakaian yang dipakai oleh kalangan bangsawan saja. Kemudian, seiring berjalannya zaman, pakaian Kimono semakin populer di kalangan masyarakat. Bahkan, kimono sering diakai oleh aktor kabuki saat melakukan pentas dan Geisha.

Origami: Seni melipat kertas

Tahukah kalian bahwa origami berasal dari budaya Jepang? Ketika masih kecil, pasti kalian pernah diperkenalkan dengan kegiatan melipat kertas yaitu origami. Budaya dari Jepang yang satu ini sangat terkenal di dunia.

Di Jepang, origami diyakini sudah ada sejak zaman Heien sekitar tahun 741-1191. Hal tersebut berawal dari origami yang dipakai untuk penutup botol arak bertas atau sake ketika upacara penyembahan. Kemudian, origami sering diterapkan di Jepang.

Hanami: Flower Viewing

Hanami biasa dikenal sebaga festival penyambutan mekarnya bunga sakura. Budaya ini dipercaya sudah menjadi salah satu budaya dari Jepang yang ada selama ribuan tahun yang lalu.

Pada zaman modern, Hanami diadakan sebagai bentuk kegiatan untuk berpiknik atau berkumpul dengan keluarga dan teman. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan pada siang atau malam hari ditemani cahaya dari lampu pion sambil menikmati keindahan bunga sakura yang mekar.