Ketahuilah 5 Manfaat Natto, Makanan Hasil Fermentasi Khas Jepang

Kanau.orgNatto merupakan makanan hasil fermentasi yang berasal dari Jepang. Makanan ini sempat viral di kalangan konten kreator. Rupanya, ada banyak manfaat natto untuk kesehatan, loh.

Walaupun bagi sebagian orang natto memiliki aroma tidak enak dan tampilan yang menjijikan, natto memiliki beragam khasiat. Natto mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, mangan, zat besi, vitamin K, magnesium, dan lainnya.

Kira-kira apa saja manfaat lebih jauh dari natto? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat natto yang pertama adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Natto mengandung enzim nattokinase yang dapat melarutkan darah yang menggumpal.

Fungsi enzim nattokinase bermanfaat untuk membantu mempertahankan struktur pembuluh darah yang baik, meningkatkan aliran darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Usus dan Imun Tubuh

Tahukah kalian bahwa natto dapat meningkatkan kesehatan usus dan imun tubuh? Enzim nattokinase dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus loh.

Apabila kesehatan usus mengalami penurunan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, serta penyakit jantung.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat natto berikutnya yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sifat probiotik dari enzim nattokinase dapat meningkatkan metabolisme serta mengurangi lemak pada tubuh.

Selain itu, enzim ini juga berpotensi mencegah gangguan metabolisme seperti obesitas dan diabetes. Wah, ternyata ada banyak manfaat dari natto, ya.

Baca juga: 5 Makanan Jepang yang Tidak Cocok di Lidah Orang Indonesia, Kalian Mau Mencobanya?

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Siapa sangka rupanya natto bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena natto mengandung vitamin K2 yang tinggi.

Vitamin K2 merupakan nutrisi yang terkait dengan peningkatan tulang. Menequinone-7 pada natto juga dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang serta mencegah osteoporosis.

Menurunkan Berat Badan

Natto dapat digunakan sebagai camilan untuk orang yang sedang diet. Hal ini karena natto dapat membantu menurunkan berat badan.

Probiotik dalam makanan natto dapat berkontribusi untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena makanan yang mengandung probiotik dapat mencegah peningkatan massa lemak dan massa tubuh.

Nah, demikianlah 5 manfaat natto yang perlu kalian ketahui. Rupanya natto memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa kalian tertarik mencoba makanan hasil fermentasi dari Jepang yang satu ini?