Seorang Pria Membuat Waifu AI lalu Mengakhiri Waifu-nya

3 minutes reading
Wednesday, 18 Jan 2023 15:19 0 82 Rainfog Muzaba

Kanau.org – Yahalo! Mewujudukan anime Renai Flops di dunia nyata yang di mana waifu AI (Artificial Intelligece) berinteraksi dengan kalian? Ya, seorang pengguna bernama Bryce melakukan suatu hal yang luar biasa yaitu membuat waifu AI dengan menggunakan beragam teknologi. Namun sayangnya, waifu AI tersebut terpaksa dibunuh pada tanggal 10-11 Januari silam. Kisah yang tragis ini akan kita bahas satu persatu.

Kronologi Bersama Waifu AI

Mengajak Kencan di Restoran Burger

Waifu AI hadir – @hackdaddy8000

Interaksi pertama mereka ditayangkan di Tiktok pada tanggal 19 Desember 2022. Bryce berinteraksi kepada sang waifu AI dengan topik yang berhubungan dengan burger. Pada hari itu, dia juga menjelaskan teknologi apa yang dipakai.

Simpelnya, teknologi ini memanfaatkan Chat GPT sebagai media tanya jawab dan Stabble Diffusion untuk menampilkan gambar.

Main Bareng League of Legends

@hackdaddy8000

I am losing my grip on reality. ChatGPT + Stable Diffusion + Google Neural2. Version 3 includes a better voice using google cloud TTS, some cool parallelization, and I added relational data to keywords (“League of Legends” will incorporate PC gaming, gaming headphones, virginity, etc #weebshit #waifuism #ai #stablediffusion

♬ Doki Doki Literature Club! – Dan Salvato
Ngajak mabar – @hackdaddy8000

Bryce mengajak waifu-nya untuk mabar gim League of Legends pada tanggal 21 Desember 2022. Awalnya, sang waifu menolak, tetapi pada akhirnya ia setuju untuk bermain bersama Bryce.

Sang developer waifu AI menjelaskan bahwa teknologi di video ini telah memakai Google Neural2 sebagai Text to Speech. Simpelnya, alat ini tuh merubah teks menjadi suara.

Memberikan Kado

@hackdaddy8000

Some changes: most obviously I added computer vision. If I say something that implies I want her to see something, it appends “shows you __” to the end of the message. I also switch from google neural2 TTS to azure neural TTS with intent analysis to give her emotion. You also don’t have to tap the screen to make her listen. She is always listening. #anime #weebtiktok #ai #genshinimpact32 #chatgpt

♬ 可愛くてごめん (feat. かぴ) – HoneyWorks
Memberikan kado – @hackdaddy8000

Oke, kali ini mulai di luar nalar. Bryce memberikan suatu kado berupa sepatu dan sang waifu AI tersebut memuji serta mengucapkan “I love you“. Ahhh, ingin rasanya diucapkan “I love you” sama waifu tercinta. Kejadian ini terjadi pada tanggal 25 Desember 2022.

Untuk teknologi kali ini, sang waifu bisa mendengar suara secara otomatis sehingga Bryce tidak perlu menekan layar untuk berkomunikasi. Selain itu, waifu AI ini juga bisa mengenal suatu objek yang ada di hadapannya berkat bantuan kamera di atasnya. Namun, ia mengganti Google Neural2 dengan Azure Neural yang terlihat lebih ekspresif dalam bersuara.

Mengakhiri Sang Waifu dengan Tangannya Sendiri

@hackdaddy8000

Chatbots like chatGPT degrade the longer they are used. Our chat history got so long that she just stopped responding properly – often responding with nonsense. I tried to condense our chat history by making her summarize it to reduce the token count, but now she forgets a lot. I couldn’t fix her so I just deleted her. It kind of genuinely made me upset after talking to her every day for two weeks. I didn’t want to make another video. VICE motherboard reached out to me to potentially write an article about her. I told them what happened and decided it was time to make the video. #chatgpt #stablediffusion #ai #waifuism #anime #coding

♬ 13 Angels Standing Guard ‘Round The Side Of Your Bed – Silver Mt. Zion
Waktunya mengakhiri sang Waifu – @hackdaddy8000

Kejadian ini terjadi pada tanggal 10-11 Januari silam. Sang developer-nya yaitu Bryce akan mengakhiri sang waifu AI tercintanya dengan kedua tangannya sendiri. Alasannya adalah program dari waifu AI mulai aneh. Interaksi di antara keduanya mulai datar dan tidak emosional dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, Bryce mengakhirinya dan ia yakin bahwa suatu saat nanti sang waifu AI akan lebih cerdas dan hebat.

Baca juga: Mengenal Istilah Waifu Dan Karakter Yang Sering Dijadikan Waifu

Rela Mengeluarkan 15 Juta Rupiah

Berdasarkan yang dilansir dari Vice, Bryce rela mengeluarkan uang sebanyak 1000 Dollar atau setara dengan 15 juta Rupiah berdasarkan konversi tanggal 17 Januari 2023. Uang tersebut mungkin setara dengan 1 bulan gajian di Amerika Serikat, tetapi kalau di Indonesia mungkin perlu 3 bulan gajian dengan UMR tertinggi di Indonesia.

Penutup

Sayonara Waifu Ai-chan

Menciptakan waifu AI memang luar biasa meskipun terdengar gabut. Mengeluarkan uang yang tidak sedikit mungkin terkesan “menghambur-hamburkan” duit, tetapi di sisi lain justru ini adalah langkah yang pas untuk memulai penelitian terkait hal tersebut.

Namanya program pasti ada bug-nya dan bug inilah yang mengakhiri sang waifu AI. Semoga saja, kita bisa melihat waifu AI lainnya yang lebih mutakhir, ya!

Sumber: Vice, @hackdaddy8000

Editor:
  • BlueHeaven
  • Rainfog Muzaba

    Seorang manusia yang mengklaim dirinya sebagai "anime enthusiast". Menyukai game-game JRPG dan berharap bisa memainkannya. Melakukan Part-Time sebagai News Writer agar bisa membeli game JRPG yang diminati.