[Review] SPY×FAMILY Season 2 : Menggali Lebih Dalam Dunia Keluarga Palsu yang Penuh Warna

Kanau.org – Setelah diumumkan akan mendapatkan sekuel, dan Movie, SPY×FAMILY Season 2 rilis. Sebagai salah satu anime yang dinanti banyak orang, anime ini mendapatkan sambutan yang cukup positif untuk khalayak umum.

Lantas, bagaimanakah kualitas anime ini? Simak di ulasan berikut, yah….

Infomasi Umum

  • Judul : SPY×FAMILY Season 2
  • Tipe : TV
  • Episode : 12
  • Rilis : 7 Okt, 2023-23 Des, 2023 (Fall 2023)
  • Studio : Wit Studio, CloverWorks
  • Sumber : Manga
  • Genre : Action, Comedy
  • Tema : Childcare
  • Demografi : Shounen
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Dengan kemampuannya membaca pikiran, Anya Forger adalah satu-satunya yang mengetahui identitas sebenarnya dari keluarganya yang tidak biasa. Ayahnya yang berpura-pura, Loid, beroperasi sebagai mata-mata elit dengan nama sandi Twilight; ibunya, Yor, membunuh sesuai permintaan sebagai pembunuh dengan nama Thorn Princess; dan anjing mereka, Bond, memiliki karunia prekognisi. Meski mereka menyembunyikan kebenaran satu sama lain, kepura-puraan sebagai keluarga biasa ini memberi Anya cinta dan kehangatan tulus yang ia rindukan sebagai seorang yatim piatu.

Operasi Strix—misi khusus Loid untuk menghindari potensi perang dengan mengumpulkan informasi penting dan mendekati tokoh politik berpengaruh, Donovan Desmond—hanya mungkin terjadi jika Anya memainkan perannya dengan benar. Dia bisa unggul secara akademis dan menjadi Imperial Scholar di sekolah bergengsi atau berteman dengan putra Donovan, Damian. Tidak ada yang mudah, namun dengan sikapnya yang suka berpetualang, Anya dengan sepenuh hati terjun ke dalam misinya sebagai Forger—semuanya demi perdamaian internasional.

Ulasan Anime

Kembali dengan Cerita Lebih Hangat

SPY×FAMILY Season 2 berhasil melanjutkan kisahnya dengan memperluas dunia cerita yang telah diperkenalkan sebelumnya. Ceritanya tetap menawarkan perpaduan yang menarik antara aksi mata-mata, komedi, dan momen-momen hangat keluarga.

Namun, pacing cerita yang kadang terasa lambat, terutama ketika beberapa episode terasa kurang relevan dengan benang merah cerita yang sudah dijanjikan sebelumnya, sedikit membuat ceritanya menjadi kurang enak jntuk dinikmati.

Meskipun demikian, tema tentang keluarga yang terbentuk dari hubungan tak terduga masih menjadi pilar utama yang menghangatkan hati penonton.

Karakter Sampingan Mendapat Panggung Lebih

Kekuatan utama SPY×FAMILY terletak pada pengembangan karakter yang kuat. Season 2 ini berhasil mengeksplorasi lebih dalam ke dalam karakter utama seperti Loid, Yor, dan Anya, menunjukkan perkembangan emosional yang menggugah.

Karakter pendukung seperti Becky dan Damian juga mendapat sorotan yang layak, memberikan ruang untuk penonton memahami latar belakang dan dinamika karakter-karakter di sekitar keluarga Forger. Namun, terdapat kekurangan dalam menyelesaikan beberapa konflik atau benang merah cerita yang dijanjikan sebelumnya, menyisakan rasa tidak memuaskan.

Visual Segar, tetapi Kebanyakan 3D

Dari segi visual, Spy x Family Season 2 menawarkan desain karakter yang kuat dan animasi yang memuaskan. Kendati demikian, terdapat kekurangan dalam konsistensi arah art yang terkadang terburu-buru dan penggunaan animasi 3D yang terasa tidak selalu terintegrasi dengan baik.

Meskipun begitu, adegan pertempuran dan momen aksi lainnya tetap memukau dengan pengaturan sinematografi yang menarik dan koreografi yang layak.

Trio Seiyuu Utama yang Tampil Karismatik

Dari segi audio, SPY×FAMILY Season 2 menampilkan pendekatan yang solid dengan penggunaan soundtrack yang mendukung suasana dalam cerita.

Lagu pembuka dan penutupnya cukup memikat, meskipun tidak mencuri perhatian secara signifikan. Penampilan Seiyuu juga tetap konsisten dalam memberikan karakterisasi yang kuat bagi setiap karakternya. Apresiasi besar diberikan kepada Saori Hayami selaku Yor, Takuya Eguchi selaku Loid, dan Atsumi Tanezaki sebagai Anya, mereka berhasil memperkuat daya tarik dan keaslian cerita, lewat acting suara yang memikat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SPY×FAMILY Season 2 menawarkan pengalaman yang menarik dengan pengembangan karakter yang kuat, aksi yang memukau, dan momen-momen keluarga yang menghangatkan hati. Namun, kekurangan dalam pacing cerita dan penyelesaian benang merah cerita yang terbengkalai bisa menjadi titik kelemahan bagi beberapa penonton.

Meskipun terdapat kekurangan, anime ini masih mampu mempertahankan daya tariknya dan menawarkan hiburan yang layak bagi para penggemar.

Rating : 8.7/10

Meksipun terdapat kekurangan pada pacing yang tidak menyenangkan. Dengan momen-momen keluarga yang manis dan komedi ringan bisa menjadi daya tarik utama. Itu sudah cukup untuk membuat saya betah menonton serial ini karena pada dasarnya itulah nilai utama dari cerita ini.

SPY×FAMILY sedari awal adalah pengalaman yang memadukan kehangatan keluarga dengan elemen-elemen aksi dalam dunia mata-mata yang penuh warna.

Sekarang, kita hanya perlu menunggu movienya nanti….