[Review] SHY: Fresh? Tidak juga, tapi asyik

Kanau.org – Dalam dunia anime yang dipenuhi dengan berbagai cerita pahlawan super, muncul satu kisah yang mencoba menampilkan sisi yang lebih manusiawi dari seorang pahlawan.

SHY menjadi sorotan dengan narasi yang mencoba mengungkap perjuangan seorang remaja pemalu yang terpilih menjadi pahlawan.

Anime yang tersedia pada Muse Indonesia ini, dinobatkan sebagai hidden gem musim Fall oleh beberapa orang. Apakah hal ini valid? Simak ulasannya, ya….

Infomasi Umum

  • Judul : SHY
  • Katakana : シャイ
  • Tipe : TV
  • Episode : 12
  • Rilis : 3 Okt, 2023-19 Des, 2023 (Fall 2023)
  • Studio : 8bit
  • Sumber : Manga
  • Genre : Action, Drama
  • Tema : Super Power
  • Demografi : Shounen
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Saat planet ini mendekati Perang Dunia ketiga, individu-individu dengan kekuatan super muncul dari seluruh dunia untuk menjaga perdamaian. Mereka menjadi simbol negaranya masing-masing, berupaya membatasi kejahatan dan membawa pelaku kejahatan ke pengadilan. Pahlawan remaja Teru “Shy” Momijiyama adalah perwakilan Jepang di dunia pahlawan. Ketika ancaman misterius bernama Amalareiks muncul, Shy harus bekerja sama dengan sesama pahlawan untuk menghentikan mereka dengan cara apa pun.

Ulasan anime

Kisah Superhero dengan Pendekatan Baru

SHY menawarkan suatu narasi yang berbeda dalam genre pahlawan super. Berfokus pada Teru Momijiyama yang berusaha menavigasi kesehariannya sebagai remaja yang pemalu dan tanggung jawabnya sebagai pahlawan.

Meskipun tema ini tidak sepenuhnya baru, anime ini memberikan nuansa yang cukup berbeda dengan pendekatan realistisnya dalam menggambarkan perjalanan Teru.

Meski demikian, pacing cerita sering kali terasa terburu-buru, yang dapat mengurangi kedalaman pengembangan karakter dan beberapa aspek penting dalam cerita. Namun, tema yang diusung seperti keberanian, pengembangan diri, dan tanggung jawab memberikan dimensi yang menarik.

Development Protagonis yang Konsisten

Karakterisasi dalam SHY cukup konsisten dengan berhasil mengeksplorasi konflik internal dan perjalanan emosional karakter-karakternya. Teru Momijiyama sebagai karakter utama mengalami perubahan signifikan dari awal yang pemalu dan tidak percaya diri menjadi seseorang yang lebih tangguh dan percaya pada diri sendiri.

Namun, masih terasa ada beberapa karakter yang belum sepenuhnya dieksplorasi secara mendalam, terutama karakter-karakter sampingan yang memiliki potensi cerita yang menarik.

Visual yang Kurang Dioptimalkan

Dari segi visual, anime ini menawarkan desain karakter yang menarik dan atmosfer yang sesuai dengan tema superhero. Namun, kualitas animasi terkadang terasa kurang konsisten, terutama dalam adegan aksi yang bisa lebih dioptimalkan untuk memberikan kesan yang lebih dinamis.

Kendati demikian, penggunaan ekspresi wajah karakter yang kuat dan sinematografi yang cermat dalam beberapa adegan menyampaikan emosi dengan baik kepada penonton.

Aspek Audio yang Cukup Solid

Sisi audio dalam SHY cukup solid dengan lagu pembuka dan penutup yang sesuai dengan tema superhero. Namun, soundtrack dan efek suara dalam adegan tertentu terkadang tidak memberikan kesan yang mendalam.

Meskipun begitu, performa pengisi suara memberikan karakterisasi yang kuat pada masing-masing karakter, meskipun beberapa di antaranya masih memiliki ruang untuk berkembang lebih lanjut.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan, SHY adalah anime yang menarik dengan premis yang unik meskipun masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam pengembangan karakter dan pacing cerita.

Namun, anime ini tetap memberikan pandangan yang menarik tentang perjalanan seorang pahlawan muda dan memiliki potensi untuk menjadi lebih baik di musim-musim selanjutnya. Bagi mereka yang menyukai cerita superhero dengan sentuhan drama, SHY bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk diikuti.

Rating : 7/10

Di samping drama karakter dan pertumbuhan pribadi, anime ini dapat memberikan pengalaman yang memuaskan. Namun, bagi yang lebih mengharapkan aksi dan elemen superhero yang lebih kuat, anime ini mungkin kurang memuaskan.

Secara keseluruhan, anime ini menyajikan cerita yang cukup menarik meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam aspek-aspek tertentu.

Semua itu kembali hanyalah penilaian subjektif yang pada akhirnya akan kembali pada kalian sendiri. Bagi kalian yang tertarik menonton SHY, bisa langsung ke YouTube Channel Muse Indonesia!!