[Review] Pluto: Cerita Astro Boy dengan tone yang lebih dark

Kanau.org – Pluto merupakan reinterpretasi cerita robot dari “Astro Boy” karya Osamu Tezuka oleh Urasawa Naoki yang telah tenar lewat beberapa karya manga buatannya yang lain, seperti Monster dan 20th Century Boys.

Manganya diterbitkan antara 2003 dan 2009. Manga ini memperoleh pujian karena plot yang kompleks dan pengembangan karakter yang mendalam. Kehadirannya sukses memikat pembaca manga fiksi ilmiah, menjadikannya karya yang dihormati secara internasional dalam genre tersebut.

Manga ini mendapatkan adaptasi anime di tahun 2023 yang bisa kamu tonton di Netflix. Anime ini mendapat banyak sekali pujian. Lantas, bagaimana ulasan terkait anime ini? Simak baik-baik, ya…

Infomasi umum

  • Judul : Pluto
  • Katakana : プルートウ
  • Tipe : ONA
  • Episode : 8
  • Rilis : 26 Oktober 2023 (Summer 2023)
  • Studio : Studio M2
  • Sumber : Manga
  • Genre : Action, Mystery, Sci-Fi, Suspense
  • Tema : Detective, Psychological
  • Demografi : Seinen
  • Durasi : 1 hr. 1 min. per ep.
  • Rating : PG-13

Sinopsis

Terkenal karena dinas militernya dalam Perang Asia ke-39, robot legendaris Swiss Montblanc dibunuh dengan kejam. Manusia dan robot di seluruh dunia berduka atas selebriti tercinta tersebut. Popularitas Montblanc semakin meningkat pada tahun-tahun setelah perang, berkat dedikasinya terhadap konservasi alam dan kepribadiannya yang penuh kasih.

Rekan veteran perang dan detektif robot Europol Gesicht dikirim untuk menyelidiki kematian tragis Montblanc. Dalam pengejarannya, Gesicht mengungkap bukti adanya entitas misterius yang hanya dikenal sebagai “Pluto”. Dia juga mengetahui plot konspirasi untuk membongkar delapan robot khusus dari seluruh dunia yang berpartisipasi dalam perang. Berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan mereka yang masih tersisa, Gesicht bergulat dengan ingatan, moralitas, dan dunia yang penuh kebencian, berusaha mati-matian untuk mempertahankan hidup berdampingan yang rapuh antara manusia dan mesin.

Ulasan Anime

Kedalaman Emosional & Refleksi Sosial

Dalam konteks reimaginasinya dari cerita Astro Boy “The Greatest Robot on Earth”, Anime ini menyajikan cerita yang memiliki fondasi kuat dalam fiksi ilmiah, tetapi memberikan sentuhan baru yang memikat dalam eksekusinya. Meskipun tema tentang kecerdasan buatan sudah sering dijelajahi dalam banyak karya fiksi ilmiah, Pluto membawa nuansa yang segar dan mendalam, terutama dalam penanganannya terhadap perbedaan antara robot dan manusia.

Anime ini berhasil menguraikan dimensi dinamika dalam kehidupan kemasyarakatan robot dan manusia. Pluto secara naratifnya mencoba mengulik terkait kesempurnaan dan kesetaraan antara robot dan manusia, yang menciptakan cerita yang berbobot dan berkualitas.

Dinamika ini tercermin melalui kedua tokoh utama, Gesicht dan Atom. Gesicht, detektif robot dengan kemampuan analisis yang cepat, berlawanan dengan Atom, robot berukuran anak yang menampilkan sifat manusiawi lebih kuat. Interaksi keduanya menciptakan dinamika menarik dalam cerita.

Meskipun penyelesaian konflik utama terasa kurang klimaks, dan aspek naratif yang perlahan-lahan membawa nuansa memusingkan. Anime ini masih tergolong karya yang cukup fundamental untuk anime dengan sub-tema serupa nantinya.

Dinamika Karakter yang Membumi

Gesicht dan Atom, sebagai perwujudan perbedaan antara robot dan manusia, menjadi inti dari dinamika karakter dalam Pluto.

Interaksi antara keduanya memperkaya perkembangan karakter dalam cerita ini. Anime ini menciptakan kedalaman emosional dan memberikan wawasan tentang perbedaan antara kedewasaan dan kepolosan. Melalui perjalanan mereka, penonton dihadapkan pada pertanyaan tentang hak dan keadilan bagi robot, yang dalam cerita ini diberikan status sebagai warga negara penuh.

Perjuangan internal mereka, terutama dalam menafsirkan dan menghadapi emosi manusiawi yang sering dianggap sebagai “kelemahan” robot, menghadirkan perenungan mendalam tentang konsep-konsep sosial dan pandangan stereotip yang sering menghakimi kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat.

Kontras Visualisasi yang Memperkuat Cerita

Dalam aspek visual dan animasi, Pluto menampilkan kualitas yang kuat dan mendalam. Penggunaan kontras antara adegan perang masa lalu dan aktivitas sehari-hari robot memberikan dampak emosional yang kuat. Visualnya tidak hanya memperkuat cerita, tetapi juga mengundang penonton untuk merenungkan implikasi dari pertentangan internal robot.

Pemilihan adegan dengan animasi smooth yang disertai keheningan. Seperti adegan flashbacks yang brutal namun ditampilkan dalam keheningan total. Serta keadaan tenang robot dalam keadaan sekarang, menciptakan disonansi yang memaksa penonton untuk meresapi kedalaman emosional dalam setiap adegan.

Art style yang dipilih untuk menggambarkan perbedaan antara perang dan kehidupan sehari-hari sangat mengesankan, memberikan dimensi baru bagi cerita.

Kontribusi Soundtrack pada Atmosfer Keseluruhan

Penggunaan soundtrack yang bijaksana dalam Pluto menambahkan kedalaman emosional pada beberapa adegan penting. Penggunaan soundtrack dan SFX yang tepat memberikan dukungan kuat pada ekspresi emosi dan konflik internal robot. Hal ini menggambarkan konflik internal robot yang mencoba menafsirkan emosi manusiawi dalam dunia yang mengkategorikan perasaan sebagai kelemahan.

Meskipun tidak secara dominan menonjol, soundtrack dan SFX yang dipilih memberikan kontribusi yang kuat pada atmosfer keseluruhan cerita.

Kesimpulan

Pluto adalah sebuah karya yang mendalam dengan berbagai lapisan cerita dan karakter yang kompleks. Meskipun demikian, kekurangan dalam pengungkapan identitas pembunuh dalam cerita, yang lebih terasa sebagai perpanjangan karakter, memunculkan ketidakpuasan pada aspek misteri yang terkesan kurang dijaga.

Kekuatan cerita ini terletak pada perbandingan antara emosi robot yang sering dianggap sebagai “bug” dengan perasaan manusiawi yang sesungguhnya, memberikan refleksi mendalam tentang stereotip dan pandangan sosial yang sering menghakimi kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat.

Dengan visual dan animasi yang kuat, Pluto masih menjadi adaptasi anime yang menghormati karya Urasawa dan menawarkan refleksi yang mendalam mengenai robot, manusia, dan perbedaan mereka.

Rating : 9/10

Anime Pluto sangat di rekomendasi bagi kalian penyuka cerita misteri, dan sci-fi. Ceritanya juga berat dengan tema isu sosial dan politiknya, bisa dijadiin tontonan yang cukup berbobot dalam memandang dunia yang lebih futuristik.

Pluto tersedia pada Netflix secara legal. tunggu apa lagi? Yuk, ditonton!

Comments are closed.