[Review] Persona 4 Golden: Kehidupan Remaja SMA

Review Persona 4 Golden: Kehidupan Remaja SMA

0 248

Review singkat Persona 4 Golden

gambar murid sma
Murid Yasogami High School (sumber: wall.alphacoders.com)

Setiap seri gim Persona memiliki isi cerita yang berbeda, tetapi tetap menonjolkan ciri khasnya. Hal itu juga berlaku bagi Persona 4 Golden. Persona 4 Golden merupakan gim buatan Atlus yang pertama kali rilis di PS Vita tahun 2012, dan di PC melalui Steam tahun 2020. Berbeda dari seri Persona sebelumnya yakni Persona 3, Persona 4 Golden mencoba membuat topik sebuah cerita menjadi tampak ringan dengan suasana lebih cerah, tetapi tetap tidak melupakan ciri khas dari gim Persona itu sendiri.

Lalu, apakah pantas Persona 4 Golden atau P4G layak untuk dimainkan sekarang?

Alur

Bercerita tentang sekolompok siswa SMA yang dihadapkan dengan serangkaian penculikan dan pembunuhan misterius. Peristiwa tersebut berlatar di desa Inaba, desa yang semula diselimuti rasa aman dan nyaman, seketika berubah menjadi mencekam.

Semua kejadian tersebut ada hubungannya dengan saluran TV misterius, yang mewajibkan mereka untuk menjelajahi dan melakukan misi penyelamatan agar bisa menyelamatkan korban dari kematian, demi menemukan kebenaran di antara serangkaian kebohongan, mereka berusaha menyelamatkan desa untuk kembali damai seperti sediakala.

Lantas siapa pelaku atas tindakan pembunuhan tersebut? Apa motif pelaku dibalik kejadian mengerikan tersebut? Semua itu bisa Anda dapatkan dengan memainkan Persona 4 Golden.

Inaba
All-out attack
All-Out Attack

Selamat datang di desa Inaba, sebuah desa yang akan menjadi latar tempat selama gim ini dimainkan, dan sebagai tempat konflik utama terjadi. Pemain akan berperan seperti detektif SMA, Shinichi Kudo dari anime Detektif Conan, yang bertugas memecahkan sebuah misteri penculikan dan pembunuhan berantai. Pemain akan banyak membaca teks yang sayangnya tidak ada bahasa Indonesia.

Persona 4 Golden hanya mendukung 4 bahasa yaitu Inggris, Jepang, Korea, dan Cina. Namun, pemain tidak perlu khawatir untuk pemilihan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris tidak begitu sulit untuk dipahami jika pemain sudah terbiasa membaca manga atau komik berbahasa Inggris yang kebanyakan berisi teks percakapan.

Durasi dan Dungeon
Pemain bisa mengganti kostum dari karakter

Prolog Persona 4 Golden menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam, waktu yang dihabiskan sudah hampir sama seperti panjang durasi film pada umumnya, dan total waktu untuk menyelesaikan game sekitar 80 jam, itu juga tergantung pemain mendapat happy ending atau bad ending atau true ending, karena masing-masing ending memiliki lama waktu bermain yang berbeda.

Ini semua karena pemain akan banyak menghabiskan waktu menjelajahi dungeon untuk grinding atau menyelesaikan cerita utama, ada kemungkinan pemain akan merasa bosan ketika sedang menjelajahi dungeon, disebabkan tempat dungeon terlalu luas untuk di eksplorasi, dan sistem pertarungan turn-based yang sangatlah memakan waktu.

Persona 4 Golden tidak memberikan opsi untuk memberikan perintah anggota tim berpencar, jadi akan memakan waktu untuk mencari jalan keluar maupun mencari sebuah item, dan ada satu hal lagi yang cukup menyebalkan adalah untuk menaikan level karakter lain, mau tidak mau pemain harus membawa karakter tersebut ikut menjelajahi dungeon agar bisa mendapatkan skill yang lebih kuat. Namun, keresahan di atas dapat di minimalisir ketika salah satu karakter pendukung sudah mencapai level yang cukup tinggi, pemain akan mendapatkan berbagai informasi yang ada di dungeon seperti letak musuh, letak item dan lain-lain.

Masa Remaja
Konser musik

Terlepas dari suramnya kejadian misterius yang terjadi, Persona 4 Golden tidak melupakan ciri khas dari seri persona itu sendiri, yaitu menjalani kehidupan sehari hari siswa SMA. Pemain akan menjalani kehidupan pada umumnya, seperti pergi ke sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, dan kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh anak SMA. Pemain akan dibawa untuk melupakan pahitnya kehidupan dunia sesaat, dan diganti dengan manisnya masa-masa remaja.

Misalnya saja pemain dibuat ketawa oleh tingkah laku Kanji Tatsumi saat kegiatan kemah yang diadakan sekolah, lalu Teddie si boneka beruang yang merasa tidak berdosa atas kelakuan dan perkataan yang dia lakukan. Namun, kehidupan tersebut tidak terlepas dari sebuah drama dan masalah, mulai dari:

  1. Chie Satonaka yang terlihat ceria dan energik, tetapi menyimpan rasa iri terhadap sahabatnya,
  2. Naoto Shirogane yang sebenarnya ingin menjadi seorang laki-laki,
  3. Yosuke Hanamura yang terlihat begitu peduli dengan orang lain, tetapi mempunyai maksud tertentu.

Setiap konflik atau masalah yang dialami setiap karakter sangat berhubungan dengan kehidupan di dunia nyata. Kehidupan remaja SMA di sini menyimpan segudang memori pahit dan manis untuk dinikmati.

gambar karakter utama memancing di sungai
Pemain juga bisa memancing ikan di sungai

Romansa Anak Muda
gambar social link
Social Link

Salah satu daya tarik dari Persona 4 Golden adalah Anda dapat berpacaran dengan hampir semua perempuan, lalu merayakan berbagai kegiatan yang hanya berdua saja seperti Hari Valentine, perayaan tahun baru, dan masih banyak lagi. Inilah salah satu kebahagiaan tersendiri untuk para pemain yang belum atau sudah pernah menjalani kisah romantis anak SMA. Namun, dibalik keindahan kehidupan romantis  yang ditawarkan, butuh perjuangan dan pengorbanan agar bisa mendapatkan hati si dia, pemain harus pintar membagi waktu, dan pintar memilih kata-kata dengan tepat agar level dari social link dapat bertambah.

Social link merupakan ukuran dari hubungan sosial dengan orang lain, social link juga memiliki level mulai dari level 0 sampai level 10. Semakin tinggi level social link, maka ada keuntungan yang didapat seperti mendapatkan suatu item, skill, dan lain sebagainya.

gambar perayaan tahun baru
Perayaan tahun baru

Kesimpulan

Bagi pencinta JRPG atau bagi pemain yang ingin mencoba memasuki dunia JRPG Persona 4 Golden merupakan pilihan yang tepat, cerita yang ditawarkan tidak terlalu berat dan rumit, nilai dari pesan moral yang disampaikan dari setiap karakter mempunyai makna yang begitu dalam, soundtrack dan cerita saling melengkapi. Kemudian, spesifikasi minimal untuk komputer juga tidak terlalu tinggi, dan harga dari gim ini sendiri juga tidak begitu mahal.

Jadi tunggu apalagi, mari dukung para pengembang gim dengan membeli produk asli dari mereka.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More