[Review] Our Dating Story: The Experienced You and The Inexperienced Me, Cerita Romcom Generik Yang Kurang di Segala Sisi

Kanau.org – Salah satu cerita yang paling diminati penggemar anime adalah Romcom, atau Romance-Comedy. Sudah banyak anime dengan perpaduan dua genre ini, mulai dari yang mendunia dan fundamental seperti Oregairu, atau bahkan yang … begitulah, contohnya KanoKari.

Nah, Keikenzumi na Kimi to, Keiken Zero na Ore ga, Otsukiai suru Hanashi (KimiZero) atau Our Dating Story: The Experienced You and The Inexperienced Me adalah salah satu anime dengan genre rom-com yang hadir pada musim Fall lalu. Nah bagaimanakah ulasan anime ini? Yuk, simak di ulasan berikut ini!!

Informasi Umum

  • Judul : Our Dating Story: The Experienced You and The Inexperienced Me
  • Singkatan : Kimizero
  • Jepang : 経験済みなキミと、 経験ゼロなオレが、 お付き合いする話。(Keikenzumi na Kimi to, Keiken Zero na Ore ga, Otsukiai suru Hanashi.)
  • Tipe : TV
  • Episode : 12
  • Rilis : 6 Okt, 2023-22 Des, 2023 (Fall 2023)
  • Studio : ENGI
  • Sumber : Light novel
  • Genre : Romance, Comedy
  • Tema : School
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Bagi Ryuuto Kashima yang pemalu dan tertutup, menghubungkan dirinya dengan teman sekelas populer, Runa Shirakawa, hanyalah fantasi yang jauh—atau begitulah yang ia kira. Setelah kalah dalam sebuah taruhan dengan teman-temannya dan terpaksa mengakui perasaannya pada Runa, dunia Ryuuto berubah secara drastis: bukannya penolakan kejam yang ia duga, Runa justru setuju untuk berpacaran dengannya!

Namun, menjalin hubungan dengan Runa membuktikan menjadi hal yang luar biasa bagi Ryuuto, yang meminta agar hubungan mereka tetap menjadi rahasia yang hanya diketahui oleh teman-teman terdekat. Keputusannya, bagaimanapun, membawa pada serangkaian kejadian yang membuatnya khawatir akan menghancurkan hubungan mereka. Saat mereka mengatasi kesalahpahaman mereka, Ryuuto membuka ketidakamanannya yang berasal dari pengalaman masa lalunya, dan keduanya tumbuh lebih dekat satu sama lain.

Saat segalanya kembali berjalan lancar, cinta pertama Ryuuto, Maria Kurose, pindah ke kelasnya dan mulai menciptakan kegemparan. Pada saat yang sama, desas-desus buruk tentang Runa menyebar di sekolah, memaksa Ryuuto untuk mengambil langkah-langkah putus asa untuk melindunginya.

Ulasan Anime

Narasi Segar Tak Bisa Tutupi Kelemahan Animenya

Our Dating Story: The Experienced You and The Inexperienced Me membuka tirai dengan premis romantis yang generik. Meskipun memiliki potensi untuk menghadirkan narasi yang segar, anime ini terkadang terjebak dalam klise dan formula yang sudah sering ditemui.

Kisah manis antara Runa dan Ryuuto terasa terlalu terburu-buru pada beberapa momen, mengorbankan pengembangan karakter dan elemen cerita yang lebih mendalam.

Cerita cenderung fokus pada hubungan utama, tetapi kehadiran karakter pendukung yang kurang mendalam dan klise dapat mengganggu keseluruhan alur.

Terhambat oleh Karakter Pendukung

Dalam pengembangan karakter, Runa dan Ryuuto berhasil menciptakan dinamika yang cukup meyakinkan. Hubungan mereka mengalami perkembangan yang realistis, dan kesalahan yang terjadi menambah kedalaman pada narasi.

Seribu sayang disampaikan kepada karakter pendukung seperti teman Ryuuto dan Maria karena kurang mendalam. Maria, yang awalnya menjanjikan sebagai karakter penuh drama, malah berakhir sebagai elemen cerita yang terasa terpisah dan kurang terintegrasi. Ini membuat pengalaman menonton menjadi tidak seimbang, di mana fokus pada hubungan utama terhambat oleh karakter pendukung yang kurang menarik.

Visual Sederhana Membawa Cerita

Dari segi visual dan animasi, anime ini menampilkan standar adaptasi novel ringan, dengan karakter yang terlihat khas dan gerakan yang sederhana. Meskipun tidak menonjol, aspek visual ini cukup untuk menyampaikan cerita dengan baik.

Sinematografi yang sederhana dan koreografi yang biasa-biasa saja menjadi gambaran umum adaptasi novel ringan. Desain karakter dan ekspresi wajah mereka mencerminkan genre romantis, tetapi tidak memiliki keunikan yang mencolok. Secara keseluruhan, visual dan animasi layak, tetapi tidak memberikan kesan yang luar biasa.

Audio yang Membantu Atmosfer Romantis

Di sisi audio, anime ini menawarkan soundtrack yang mendukung atmosfer romantis anime ini. Lagu pembuka dan penutup memberikan nuansa yang sesuai dengan tema.

Meskipun tidak menjadi poin pusat, jajaran seiyuu memberikan performa yang layak, menghidupkan karakter-karakter dengan baik meskipun tanpa mencuatkan keunggulan tertentu.

Meskipun tidak ada elemen audio yang mencolok, penyertaan suara dan musik memberikan sentuhan yang menyatu dengan kisah romantis yang ditampilkan.

Kesimpulan

Our Dating Story: The Experienced You and The Inexperienced Me adalah anime dengan kisah romantis standar yang mampu menyuguhkan momen manis antara karakter utama.

Sayangnya, terhambat oleh karakter pendukung yang kurang mendalam dan beberapa momen klise. Meskipun tidak membangkitkan kesan mendalam, bagi penggemar romansa ringan, anime ini tetap memberikan hiburan yang cukup.

Rating : 5.9/10

Mungkin bagi mereka yang menyukai cerita romance remaja dengan template datar yang asyik, anime ini mungkin cukup memuaskan.

Namun, momen-momen penulisan yang terasa memaksa dan karakter pendukung yang kurang mendalam dapat menjadi hambatan bagi sebagian penonton.

Bagi yang dapat menanggulangi momen “cringe” hubungan utama dalam cerita ini dapat memberikan kepuasan tersendiri. Kalian bisa menonton anime ini dan menilainya sendiri kok! Anime ini tersedia secara legal dan gratis di Muse Indonesia, Yuk tunggu apa lagi?!!