Review Memento Mori: AFKRPG dengan Nuansa Dystopia

0 23

Kanau.org – Akhirnya, salah satu gim yang penulis nantikan telah tiba. Yup, apalagi kalau bukan Memento Mori, sebuah gim yang sangat gencar menampilkan MV setiap karakternya dengan alunan lagu yang luar biasa dan beberapa di antaranya sangat menyayat hati. Lantas, gimana sih gim ini? Apakah sangat menarik, kah? atau…

Spek yang Dibutuhkan

Spek untuk main Memento Mori
Spek untuk main Memento Mori

Singkatnya, kalau penyimpanan kalian masih tersisa 3 GB (500-an buat install di Play Store dan sisanya unduhan di gim), itu sudah terbilang aman. Minimal kalian punya Android 8.0 atau lebih. Kalau smartphone penulis tuh Samsung SM-A205F, mungkin Smartphone 1,5 jutaan udah cukuplah.

Awalan yang Perlu Diperhatikan

Diusahakan kalian pilih menu setting terlebih dahulu yang terletak di atas kanan. Lalu pilih bahasa atau grafis yang diinginkan. Soalnya, kalau kalian mau ganti bahasa pada bagian suaranya, itu perlu diunduh ulang sekitar 400 MB saat awal main. Daripada sayang kuotanya, mending pilih satu aja kecuali kalian punya kuota yang banyak atau storage yang memadai.

Untuk awalannya sendiri, kalian perlu mengikuti berbagai tutorial yang ada. Bersabar saja, nantinya kalian dapat bermain sesuka hati, kok!

Gameplay yang biasa, tapi…

Gameplay - Memento Mori
Gameplay – Memento Mori

Battle-nya terbilang biasa saja karena kalian hanya perlu menontonnya dan nantinya karakter tersebut mengeluarkan serangan-serangannya secara otomatis. Bahkan, kalian bisa men-skip suatu battle jika sudah melewati chapter tertentu. Benar-benar monoton, tapi…

Musik serta visualnya sangatlah memanjakan indra-indra. Yup, coba kalian main gim ini pakai earphone atau sejenisnya, tentunya kalian bakal merasakan musik yang sangat bagus.

Cerita yang Dihadirkan

Kalian akan menjadi pemegang suatu staff yang dapat menghentikan kutukan-kutukan yang ada. Dalam perjalanan, kita akan menemui beberapa witch yang nantinya menjadi rekan untuk menghentikan kutukan-kutukan yang ada.

Selain cerita utama, terdapat cerita sampingan dari setiap karakter. Beberapa cerita tersebut tersirat berada dalam lagunya dan bisa juga dilihat di index.

Salah satu side story dari Illya
Salah satu side story dari Illya

Waifu?

Illya - Memento Mori
Illya – Memento Mori

Salah satu karakter idaman penulis adalah Illya. Dia adalah karakter pertama yang kita dapatkan. Skill-nya mungkin tidak begitu bagus, tetapi VA Kana Hanazawa adalah suatu hal yang luar biasa. Jika bosan dengan battle yang ada, tidak ada salahnya untuk eksplorasi karakter-karakter yang ada. Serius, setiap karakter punya keunikannya tersendiri.

Sebagus Apa Musiknya?

https://youtu.be/AVGAs51Cj-M
VIII THE FIRE – Valeriede (VA Rie Tanaka)

Pasang earphone dulu baru dah mendengarkan lagunya. Lagunya sendiri tergantung suara bahasa yang digunakan. Kalau kalian punya banyak kuota dan storage yang memadai, tidak ada salahnya untuk mengunduh lagu di gimnya. Akan tetapi, kalau tidak ada, alternatif lainnya adalah kalian bisa mendengarkannya via Youtube. Di bawah ini adalah lagu favorit penulis yang sering penulis putar sewaktu lagi istirahat.

Fitur-Fitur yang Ada di Gim

8 Fitur Utama yang ada di Memento Mori
8 Fitur Utama yang ada di Memento Mori

Setidaknya ada 8 fitur utama dalam gim ini, yaitu

Home

Di beranda banyak fitur yang bisa dijelaskan dan tidak mungkin untuk dijelaskan satu-satu. Beberapa fitur pentingnya yaitu bisa mengganti karakter yang berada di beranda, mengedit profil, mendapatkan beberapa hadiah dari misi dan semacamnya, adanya pertemanan di sana, serta ada toko.

Character

Karakter - Memento Mori
Karakter – Memento Mori

Di sini terdapat enam menu pilihan yaitu Roster, Awaken, Index, Parties, Arena, dan Level Link. Untuk sementara waktu. Menu Roster digunakan untuk memilih karakter mana yang akan dipakaikan suatu equipment tertentu atau mungkin mau di-level up. Menu Awaken digunakan untuk menaikkan peringkat karakter menuju ke tingkat yang lebih tinggi. Di Index, kalian dapat melihat-lihat karakter-karakter yang tersedia. Di Parties, kalian bisa menyusun party seenak jidat kalian.

Box

Menu box
Menu box

Pada menu box, intinya tuh merupakan kumpulan item atau equipment. Umumnya ada lima menu di sini yaitu gear untuk equipment, consumables untuk item yang bisa dikonsumsi, materials untuk menyimpan item-item, runes untuk menyimpan item yang nantinya bisa dipasang ke suatu slot, lalu terakhir ada part.

Quest

Quest
Quest

Ini adalah menu utama dari gim ini yang isinya adalah story sekaligus battle utamanya. Di sini, kita menjadi seorang Duke yang akan menyalamatkan dunia bersama para puan sihir yang siap menemani.

Trials

Trial

Setidaknya ada 6 menu yang ditawarkan yaitu Cave of Space Time, Tower of Infinity, Fountain of Prayers, Battle League, Temple of Illusions, dan Legend League. Kalian bisa eksplorasi sendiri agar mendapatkan pengalaman yang lebih baik, hehehe.

Invoke

Menu gacha – Memento Mori

Tanpa banyak omong, ini adalah menu gacha. Jika kalian mendengar suara di tutorial dengan baik, seorang karakter menyebutnya gacha. Peluang gacha-nya terbilang memuaskan untuk suatu karakter.

Chat

Isi chat

Mengobrol ria bersama pemain lain. Intinya hanya itu saja.

Guild

Guild

Tempat kalian berkumpul dan membentuk tim. Di guild sendiri nantinya akan ada sistem pertarungannya juga.

Penutup

Memento Mori, sebuah gim dengan ilustrasi kelam dan judulnya sendiri memiliki makna “Ingatlah akan kematian”.

Gim ini mengandung semua unsur kenikmatan yang ada. Bagi kalian yang gamer, bisa memainkan segala fitur pertempuran yang ada. Untuk non-gamer, kalian bisa menikmati cerita, visual, serta musiknya. Semoga saja, gim ini bisa awet dan tidak cepat untuk tutup server.

Btw, kalian bisa mengunduhnya di Play Store, ya!

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More