[Review] Masamune-kun no Revenge R: Kembalinya Drama Masa Lalu dengan Nuansa Baru

Kanau.org – Setelah season 1 tayang pada winter 2017 lalu, penggemar Masamune-kun no Revenge tenggelam pada ketidakpastian terkait kelanjutan anime ini. Akhirnya, pada 2022 lalu anime ini mengumumkan season terbarunya yang akan tayang pada summer 2023. Kelanjutan dari Masamune-kun no Revenge ini diberi tajuk Masamune-kun no Revenge R.

Lantas, bagaimanakah keseluruhan kualitas anine ini? Apakah sepadan dengan penantian kurang lebih 6 tahun lamanya ini? Simak semuanya pada ulasan berikut, yahhhh….

Infomasi umum

  • Judul : Masamune-kun no Revenge R (政宗くんのリベンジR)
  • Alias : Masamune-kun’s Revenge R
  • Tipe : TV
  • Episode : 12
  • Rilis : 3 Jul 2023 – 18 Sep 2023 (Summer)
  • Studio : SILVER LINK.
  • Sumber : Manga
  • Genre : Comedy, Romance
  • Tema : Harem, School
  • Demografi : Shounen
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Dengan festival budaya yang penuh gejolak di belakangnya, Masamune Makabe melanjutkan upayanya untuk melakukan balas dendam: membuat “Putri Kejam” Aki Adagaki sangat jatuh cinta padanya dan kemudian segera mencampakkannya. Saat kelasnya sedang melakukan perjalanan ke Paris, yang dikenal sebagai Kota Cinta, Masamune memiliki kesempatan sempurna untuk membalas dendam atas patah hati masa kecilnya.

Sebelum Masamune bisa mengesankan Aki, keduanya bertemu Muriel Besson, seorang otaku sekolah menengah Prancis yang bercita-cita membuat serial manga komedi romantis. Muriel percaya Masamune adalah model ideal untuk protagonis dan meminta bantuannya. Anak laki-laki itu dengan enggan menyetujuinya, menyeret Aki untuk memberikan inspirasi bagi karakter kekasihnya. Namun untuk melakukannya, keduanya harus menunjukkan kepada Muriel seperti apa cinta Jepang itu.

Lebih rumit lagi, Kanetsugu Gasou menyamar sebagai teman masa kecil Aki, Masamune, untuk menipu dan memanfaatkannya. Dengan banyaknya percampuran dan persaingan cinta, balas dendam Masamune terbukti menjadi tugas yang cukup sulit.

Ulasan anime

Ceritanya Kembali dengan Pendekatan Emosional

Season 2 dari Masamune-kun’s Revenge membawa kembali tema balas dendam yang telah menjadi ciri khas dari seri ini. Namun, kali ini narasi lebih terfokus pada pengembangan emosional para karakter, dengan memperlihatkan lapisan yang lebih dalam dari konflik yang terjadi.

Meskipun balas dendam tetap menjadi tema sentral, cerita menggali lebih dalam tentang kompleksitas hubungan antar karakter, terutama Masamune Makabe, Aki Adagaki, dan Yoshino Koiwai. Twist dan perubahan mendadak dalam alur cerita memberikan kesan segar pada plot, meskipun beberapa momen mungkin terasa klise. Meski begitu, narasi yang dipresentasikan mampu memikat penonton dengan intriknya.

Cinta Segitiga Mulai Memanas

Pengembangan karakter dalam season 2 memiliki lapisan yang lebih kompleks. Dinamika hubungan antar karakter, terutama antara Masamune, Aki, dan Yoshino, berkembang dengan lebih dalam. Pengungkapan lebih lanjut tentang latar belakang dan motivasi dari masing-masing tokoh membuat saya terhubung dengan perjalanan emosional mereka.

Meskipun demikian, adanya karakter baru dalam season 2 kurang mendapat porsi pengembangan yang memadai, yang dapat menyebabkan kurang dalamnya pemahaman karakter tersebut. Setidaknya, karakter-karakter lama masih mampu mencuri perhatian dengan penokohan yang kuat dan perubahan yang meyakinkan.

Penurunan Visual dari Season 1

Dari sisi visual, animasi dalam season 2 tidak setajam musim sebelumnya. Meskipun masih mampu menyampaikan cerita dengan baik, beberapa adegan memiliki kualitas animasi yang kurang konsisten.

Meski begitu, art style yang digunakan tidak mengalami perubahan yang signifikan dari musim sebelumnya. Koreografi adegan dan komposisi visualnya tetap cukup untuk mendukung cerita meskipun tidak mencapai tingkat yang mengesankan seperti di musim pertama.

Soundtrack Enak, tapi Tidak Sekeren Season 1

OST dari season 2, meskipun tidak sebrilian musim sebelumnya, masih berhasil menciptakan nuansa yang mendukung cerita dengan baik. Pengisi suara kembali membawa karakter-karakter kehidupan dengan baik. Sementara lagu-lagu baru turut memperkaya pengalaman penonton. Namun, perlu diakui bahwa kualitas season 1 tetap lebih unggul dibandingkan dengan season 2 dalam hal audio dan penggunaan musik untuk mendukung atmosfer cerita.

Kesimpulan

Meskipun season 2 dari Masamune-kun no Revenge membawa cerita yang lebih dalam dan pengembangan karakter yang lebih kompleks, keberhasilannya sebagai kelanjutan yang memuaskan masih menjadi perdebatan. Twist plot yang menarik, pengembangan karakter yang lebih mendalam, dan eksplorasi emosional memberikan daya tarik yang kuat pada seri ini.

Namun, kekurangan dalam kualitas animasi serta beberapa kelemahan dalam penggarapan cerita memengaruhi pengalaman menonton secara keseluruhan. Bagi penggemar seri ini, season 2 dapat dianggap sebagai lanjutan yang layak untuk diikuti, meskipun tidak dapat dikatakan sebagai puncak dari keseluruhan katalog anime romansa.

Rating : 7.5/10

Saya bukan orang yang suka dengan sub-tema romansa komedi ditambah dengan karakter yang kebanyakan wanita.Tetapi, mereka berhasil menarik perhatian saya karena peningkatan pada plot dan eksplorasi karakter yang lebih mendalam.

Terlepas dari animasi dan eksekusi tidak sebaik musim sebelumnya, pengalaman menonton bisa terasa kurang memuaskan. Masamune-kun masih adalah tontonan yang menarik!!