[Review] Jujutsu Kaisen Season 2: Sebuah Kekacauan yang Menyenangkan

Kanau.org – Jujutsu Kaisen akhirnya merilis season kedua dari waralabanya. Mengadaptasi dari arc Gojo’s Past sampai Shibuya Incident, Jujutsu Kaisen Season 2 menjadi primadona untuk dua cour sekaligus saat penanyangan.

Lantas, bagaimanakah ulasan terkait season yang “gila” Ini? Simak baik-baik, yah….

Informasi Umum

  • Judul : Jujutsu Kaisen Season 2
  • Alias : Jujutsu Kaisen: Kaigyoku Gyokusetsu; Jujutsu Kaisen: Shibuya Jihen; Sorcery Fight; JJK
  • Tipe : TV
  • Episode : 23
  • Rilis : 6 Jul, 2023-28 Des, 2023 (Summer-Fall 2023)
  • Studio : MAPPA
  • Sumber : Manga
  • Genre : Action, Fantasy
  • Tema : School
  • Demografi : Shounen
  • Duratsi : 23 min. per ep.
  • Rating : R – 17+ (violence & profanity)

Sinopsis

Saat itu tahun 2006, dan aula Sekolah Menengah Jujutsu Prefektur Tokyo bergema dengan pertengkaran tak berujung dan perdebatan sengit antara dua sahabat yang tak terpisahkan. Memancarkan kepercayaan diri yang tak tergoyahkan, Satoru Gojou dan Suguru Getou percaya bahwa tidak ada tantangan yang terlalu besar bagi penyihir Kelas Khusus yang muda dan kuat seperti mereka. Mereka ditugaskan untuk mengantarkan seorang gadis berakal sehat bernama Riko Amanai dengan aman ke entitas yang keberadaannya merupakan inti dari dunia jujutsu. Namun, misi tersebut menjerumuskan mereka ke dalam pusaran konflik moral yang mengancam kehancuran persahabatan yang sudah lemah antara penyihir dan manusia biasa.

Dua belas tahun kemudian, pelajar dan dukun berada di garis depan pertahanan melawan meningkatnya jumlah kutukan tingkat tinggi yang lahir dari emosi negatif manusia. Ketika entitas semakin berkuasa, kesadaran diri dan ambisi mereka juga meningkat. Kutukan tersebut bersatu untuk tujuan bersama yaitu memusnahkan manusia dan menciptakan dunia yang hanya berisi pengguna energi terkutuk, dipimpin oleh roh terkutuk kuno yang berbahaya. Untuk mengatasi rintangan terbesar mereka—penyihir terkuat, Gojou—mereka mengatur serangan di Stasiun Shibuya pada Halloween. Dibagi menjadi beberapa tim, para penyihir memasuki pertarungan dengan bersiap mempertaruhkan segalanya demi melindungi orang yang tidak bersalah dan kaum mereka sendiri.

Ulasan Anime

Cerita yang Lebih Gila dan Kacau

Musim kedua Jujutsu Kaisen membawa peningkatan dalam kompleksitas cerita yang telah dikenal sebelumnya. Mulai dari alur yang sederhana pada musim sebelumnya, kini dihadirkan narasi yang lebih dalam, menggali tema kelam yang menggelora. Namun, keberhasilan dalam mengelola pacing cerita terkadang terasa tidak seimbang.

Penyampaian tema-tema penting sering kali terkonsentrasi pada akhir musim, meninggalkan kekosongan penceritaan yang terasa kurang dalam pada bagian-bagian sebelumnya. Hal ini menimbulkan sensasi menghampiri ‘oasis di padang gurun’.

Meskipun demikian, pengalaman menonton tetap mengundang rasa ingin tahu akan pengembangan cerita lebih lanjut. Pembangunan dunia dan pengenalan karakter-karakter baru menambah dimensi yang lebih luas pada alam Jujutsu Kaisen, meskipun dalam pelaksanaannya terkadang terasa tidak merata.

Development Karakter Terkesan “pilih kasih”

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam musim kedua ini adalah penyajian karakter. Meskipun terdapat perkembangan yang signifikan pada karakter-karakter utama, terutama Itadori, perhatian pada karakter-karakter lainnya terasa kurang. Banyak karakter, baik lama maupun baru, tidak mendapatkan fokus pengembangan yang memadai, menyebabkan kekacauan dalam kedalaman dan daya tarik karakter. Ini mengurangi daya ikat emosional penonton terhadap kelanjutan cerita dan perjalanan karakter-karakternya.

Penyajian cerita yang terlalu banyak menekankan pengembangan satu atau dua karakter utama menyebabkan kesan seolah-olah karakter lainnya terpinggirkan. Hal ini menjadi titik yang mereduksi keseluruhan pengalaman menonton, karena para penonton berharap adanya keseimbangan dalam pemahaman dan pengembangan karakter yang lebih luas.

Visual Tetap Top, Tapi Tidak Seambisius Kemarin

Meskipun menghadapi jadwal yang ketat, visual dan animasi Jujutsu Kaisen Season 2 tetap mengagumkan. Koreografi pertarungan, meskipun terkesan mengesankan, terkadang terkendala oleh art style yang terasa kurang matang, menyebabkan ketidakseimbangan dalam kesan keseluruhan. Ada momen-momen di mana sinematografi mencapai puncaknya dalam kebrilian, memberikan penonton nuansa visual yang luar biasa.

Namun, terdapat kekurangan dalam konsistensi visual. Beberapa adegan terasa kurang ter-polishing, mengurangi kesan profesionalisme dan kualitas keseluruhan. Sementara animasi menunjukkan kualitas yang luar biasa dalam beberapa adegan, ada juga kelemahan yang terasa di beberapa bagian, yang sedikit mengurangi kekaguman terhadap kualitas visual secara menyeluruh.

Aspek Audio Menggelegar ala MAPPA

Penggunaan musik latar tanpa lirik memberi ruang bagi OST yang luar biasa, memberikan emosi yang kuat pada setiap adegan. Opening song yang selaras dengan tema arc menambahkan lapisan emosional pada setiap momen penting.

Penampilan pengisi suara juga patut diacungi jempol, dengan beberapa pengisi suara menonjol seperti Nobunaga Shimaziki (Mahito) yang memberikan dimensi emosi yang mendalam.

Meski demikian, ada ketidakpastian dalam konsistensi audio seiring perjalanan cerita, yang terkadang mengganggu pengalaman mendengar penonton.

Kesimpulan

Jujutsu Kaisen Season 2, meskipun memiliki kelebihan dalam visual yang mengagumkan dan momen-momen pertarungan yang memukau, menghadapi sejumlah tantangan dalam pengembangan cerita dan karakter.

Kendati demikian, pengalaman menonton masih tetap mengundang ketertarikan. Keberhasilan dan kekurangan musim kedua ini menjadi cerminan kompleksitas dalam menghadirkan sebuah karya yang dapat memuaskan seluruh penontonnya.

Rating : 8.9/10

Menonton Jujutsu Kaisen Season 2 membawa campuran perasaan. Meskipun pertarungan yang mengesankan dan momen dramatis hadir, ketidakseimbangan dalam pengembangan cerita dan karakter menyebabkan kekecewaan.

Namun, Jujutsu Kaisen season 2 tetap merupakan tontonan yang menghibur. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo tonton Jujutsu Kaisen layanan streaming legal kalian, yah….