[Review] Goblin Slayer Season 2: Bahkan Pergantian Studio pun, Tidak Mengubah Kualitas Anime Ini

Kanau.org – Goblin Slayer, salah satu anime yang sempat kontroversi karena scene gore dimana-mana, akhirnya merilis sekuelnya dengan tajuk Goblin Slayer II atau Goblin Slayer Season 2.

Meskipun mendapatkan beberapa kendala karena perpindahan studio yang membuat gaya penyampaian animasinya sedikit berubah, Goblin Slayer masih tetap … membuat penasaran, kan? Simak ulasan lengkap di bawah ini, yah….

Informasi umum

  • Judul : Goblin Slayer 2nd Season
  • Jepang : ゴブリンスレイヤーⅡ
  • Tipe : TV
  • Episode : 12
  • Rilis : 6 Okt, 2023-22 Des, 2023 (Fall 2023)
  • Studio : LIDENFILMS
  • Sumber : Light novel
  • Genre : Action, Adventure, Fantasy
  • Tema : Gore
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : R – 17+ (violence & profanity)

Sinopsis

Goblin dikenal karena keganasan, kelicikan, dan reproduksinya yang cepat. Namun, reputasi mereka sebagai monster paling rendah menyebabkan ancaman mereka diabaikan. Menyerang peradaban pedesaan untuk menculik betina dari spesies lain untuk dikembangbiakkan, makhluk keji ini bebas melanjutkan serangan gencar mereka saat para petualang menutup mata demi tugas yang lebih bermanfaat dengan hadiah yang lebih besar.

Sebagai pemegang peringkat Perak yang bergengsi, Goblin Slayer memulai perjalanannya dalam membasmi monster yang sudah meresahkan ini. Bersama dengan Priestess, High Elf, Dwarf, dan Lizardman, sang prajurit lapis baja tidak akan berhenti sampai setiap goblin di wilayah perbatasan dibasmi untuk selamanya.

Ulasan Anime

Konsisten dengan Tone-nya

Anime ini dibuka dengan penurunan kualitas dalam narasi musim kedua, begitu pula perubahan tema dan atmosfer yang terasa steril. Ada kekecewaan terhadap kurangnya kedalaman pada beberapa arc cerita, terutama di bagian kedua, memberikan rasa menurunkan daya tarik Goblin Slayer Season 2. Pacing cerita juga menjadi sorotan utama, dengan beberapa hambatan dalam alur yang mungkin berdampak pada pengalaman menonton secara keseluruhan.

Meskipun demikian, harus diakui upaya untuk mempertahankan momentum dan nuansa gelap masih patut diapresiasi. Perubahan tempo yang tetap membuat cerita tetap menarik, setidaknya mereka menghargai eksplorasi lebih dalam terhadap karakter dan dunia Goblin Slayer.

Pengembangan para protagonis yang signifikan

Jejeran pengembangan karakter Goblin Slayer yang menarik berhasil di-handle dengan cukup baik, namun konsekuensinya adalah pengabaian karakter pendukung yang dianggap kurang dimanfaatkan. Beberapa aspek dari karakterisasi Goblin Slayer, terutama pemaparan sisi manusiawi dan rentan, berhasil menjadi penyegar yang memberikan dimensi baru pada karakter yang sebelumnya terasa lebih mekanis.

Di sisi lain, harapan besar agar perkembangan karakter pendukung juga mendapat perhatian yang cukup, sehingga keseluruhan ensemble karakter dapat memberikan kontribusi yang seimbang terhadap kelengkapan cerita.

Visual Kurang, Animasi Dinamis

Perpindahan studio membuat visual dan desain karakter menjadi terasa asing dan hilang tone Goblin Slayer. Pergantian tersebut dianggap sebagai langkah yang tidak menguntungkan, menciptakan tampilan visual yang terkesan kurang bertenaga dan kurang menggigit.

Di sisi lain, terdapat kelebihan di mana peningkatan dalam kualitas animasi dengan pertarungan yang lebih dinamis. Meskipun perbedaan visual yang signifikan dapat menciptakan polarisasi dalam menonton, kualitas animasi yang meningkat menjadi aspek positif yang diakui.

Soundtrack yang Kurang Konsisten

Terdapat penurunan kualitas SFX dan penggunaan OST yang terlalu sering tanpa eksekusi yang baik. Namun, terkadang mereka memberikan poin positif pada peningkatan kualitas suara dan musik yang mendalam.

Voice acting karakter utama sangat baik dalam melakoni karakternya. Meskipun demikian, harapan akan konsistensi dan keselarasan dalam aspek audio tetap menjadi fokus agar memberikan pengalaman auditif yang maksimal.

Baca juga: [Review] Zom 100: Bucket List of the Dead

Kesimpulan

Meskipun beberapa aspek seperti karakterisasi Goblin Slayer dan atmosfer gelap tetap terjaga, penurunan kualitas visual dan ketidakpuasan terhadap penceritaan mengurangi daya tarik musim ini. Pergantian studio animasi menjadi poin kritis, dengan Liden Films tidak mampu menggantikan kecanggihan White Fox.

Kendati demikian, Goblin Slayer Season 2 masih memberikan pengalaman yang memuaskan, pada eksplorasi lebih dalam terhadap karakter dan elemen cerita baru. Goblin Slayer Season 2 tetap menjadi sekuel yang cukup menarik pada 2023.

Rating : 7.9/10

Goblin Slayer Season 2 berhasil menyajikan pengalaman yang memuaskan dengan menjaga esensi musim pertama dan menambahkan elemen baru yang menarik. Adanya variasi dalam pendekatan cerita dan karakterisasi juga menciptakan perbedaan dalam tingkat kepuasan pribadi. Saya merasakan ketertarikan dan kenikmatan yang berbeda, menciptakan kerangka pengalaman menonton yang subyektif.

Walaupun perpindahan studio masih menjadi kejanggalan tersendiri saat menonton musim kedua ini.