[Review] 100 Girlfriends Who REALLY Love You: Sebuah Contoh Harem Comedy yang Anti Mainstream

Kanau.org –  Anime 100 Girlfriends Who REALLY Love You atau judul panjangnya adalah The 100 Girlfriends Who Really, Really, Really, Really, Really Love You adalah anime hasil adaptasi dari manga dengan judul yang sama.

Anime dengan premis yang benar benar unik, absurd, sekaligus kreatif ini, mencoba menghancurkan kosep tema harem konvensional.

Meskipun beberapa kali mendapatkan kritikan pedas dan isu kontroversial, nyatanya masih banyak fans dari anime ini. Lantas, bagaimana kualitas dari anime ini? Simak di ulasan berikut, yah….

Informasi umum

  • Judul : The 100 Girlfriends Who Really, Really, Really, Really, Really Love You
  • Singkatan : Hyakkano
  • Jepang :  君のことが大大大大大好きな100人の彼女 (Kimi no Koto ga Daidaidaidaidaisuki na 100-nin no Kanojo)
  • Tipe : TV
  • Episode   12
  • Rilis : 8 Okt, 2023-24 Des, 2023 (Fall 2023)
  • Studio : Bibury Animation Studios
  • Sumber : Manga
  • Genre : Comedy, Romance
  • Tema : Harem, Parody, School
  • Demografi : Seinen
  • Durasi : 23 min. per ep.
  • Rating : PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis

Rentarou Aijou memiliki segalanya: penampilan, kecerdasan, keterampilan atletik, dan popularitas di mata rekan-rekan dan mentor. Sayangnya, tidak satu pun dari kualitas ini yang membantu Rentarou dalam kehidupan cintanya. Pada hari kelulusan sekolah menengahnya, dia sekali lagi ditolak oleh seorang gadis yang dia akui, mendapatkan penolakannya yang keseratus berturut-turut. Karena keberuntungannya, dia pergi ke kuil perjodohan dan berharap akhirnya mendapatkan pacar di sekolah menengah.

Ketika dewa kuil tiba-tiba muncul di hadapannya, Rentarou diberitahu bahwa dia akan bertemu dengan total seratus belahan jiwa di sekolah menengah. Meskipun Rentarou awalnya tidak menganggap serius ramalan ini, keraguannya hilang ketika, pada hari pertama sekolah, dia bertemu dengan dua belahan jiwa—Hakari Hanazono dan Karane Inda—yang keduanya mengaku padanya. Dengan pertemuan yang ditakdirkan dan pengakuan cinta yang berlimpah, kehidupan Rentarou akan menjadi lebih menarik.

Ulasan Anime

Konsep Absurd, Merombak Tema Harem

Dengan merajut narasi yang anti-mainstream, anime ini memiliki cerita yang berani dengan membawa tema harem rom-com ke tingkat keabsurdan puncak. Pendekatan yang diambil oleh mangaka Rikito Nakamura dan ilustrator Yukiko Nozawa dalam membentuk dunia harem 100 gadis, berhasil membawa nuansa segar yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam genre ini.

Meskipun cerita mencoba untuk menghadirkan hiburan penuh, terkadang pacing ceritanya terasa terlalu cepat dan repetitif. Meski demikian, kemampuan cerita untuk mempertahankan daya tarik penonton melalui keunikan dan kegilaan konsepnya patut diacungi jempol.

Dalam pengembangan temanya, anime ini mengeksplorasi konsep harem rom-com tanpa batas. Pilihan untuk tidak menjadikan cerita ini terlalu serius, melainkan memilih rute parodi dan humor yang cerdas, memberikan lapisan tambahan dalam pengalaman menonton. Keberanian untuk mengeksplorasi tema polyamory dan menggabungkannya dengan elemen-elemen absurd menghasilkan cerita yang menarik dan membuat penonton penasaran dengan kelanjutan kisah ini.

Karakter Banyak Berhasil Di-handle

Rentarou Aijo, sebagai protagonis utama, tidak hanya menjadi karakter harem yang berbeda dari yang lain, tetapi juga mengalami perkembangan karakter yang menonjol. Karakter-karakter perempuan dalam haremnya masing-masing memiliki ciri khas “dere” yang menciptakan keragaman dalam dinamika hubungan yang tak terduga.

Pengenalan dan eksplorasi karakter tidak hanya terbatas pada Rentarou, tetapi juga membuka lapisan kehidupan dan kepribadian setiap pacar dalam haremnya. Pilihan untuk menyajikan kisah dengan sudut pandang yang lebih dalam dan memahami perspektif setiap karakter menciptakan kekayaan batin yang memperkaya cerita.

Animasi Cerdas dalam Aspek Komedi

Visual anime ini mempertahankan gaya yang cerah, penuh warna, dan setia terhadap desain karakter yang diadaptasi dari manga. Meskipun tanpa elemen visual yang sangat groundbreaking, anime ini berhasil memanfaatkan animasi dan sinematografi yang kreatif untuk menghadirkan momen-momen kocak. Penggunaan ekspresi karakter yang ekstrem dan keputusan untuk tetap setia pada gaya visual manga menambahkan keunikan dan daya tarik pada aspek visual anime ini.

Meskipun terkadang terlihat repetitif dalam beberapa aspek visual, anime ini tetap berhasil mempertahankan daya tarik melalui kecerdasan dan kreativitasnya dalam menyampaikan humor.

Opening dan Endingnya Sangat Banger!!

Aspek audio anime ini menciptakan atmosfer yang sesuai dengan genre harem rom-com. Lagu pembuka dan penutup, dengan karakteristik yang ceria, berhasil menggambarkan semangat dan kegilaan anime ini. Suara Nako Misaki dalam lagu penutup memberikan sentuhan khas yang sesuai dengan mood dan tema cerita.

Voice actors memainkan peran kunci dalam menghidupkan karakter-karakter. Penampilan suara yang kuat dan sesuai dengan kepribadian masing-masing karakter membantu dalam mendefinisikan karakter secara jelas. Aspek audio anime ini berhasil menciptakan atmosfer yang mendukung dan menambah daya tarik dari kisah harem yang dihadirkan.

Kesimpulan

Anime ini memasuki dunia harem rom-com dengan penuh keberanian, menghadirkan kisah yang unik, absurd, dan penuh dengan kegilaan.

Meskipun beberapa aspek seperti pacing cerita yang cepat dan repetitif mungkin menjadi catatan kritis, anime ini berhasil mempertahankan daya tariknya melalui kecerdasan dalam humor, karakter-karakter yang kuat, dan keunikan dalam konsepnya. Kesimpulannya, “100 Girlfriends Who REALLY Love You” adalah anime yang menyenangkan dan memikat bagi mereka yang mencari sesuatu di luar batasan harem rom-com konvensional.

Rating : 7.9/10

Menonton “100 Girlfriends Who REALLY Love You” memberikan sesuatu yang baru. Kesegaran dan keberanian anime ini dalam mengeksplorasi tema harem dengan pendekatan parodi menciptakan tontonan yang menghibur.

Uniknya karakter Rentarou Aijo dan dinamika hubungan dengan 100 gadis menambah dimensi yang berbeda dan menjadikan setiap episode sebagai pengalaman yang dinamis dan seru

Bagi yang berminat menonton anime ini, kalian bisa cek di Muse Indonesia, GRATIS!!