10 Rekomendasi Anime untuk Menemani Ngabuburit di Bulan Puasa

0 178

Yahallo~~~

Anime terkadang bisa menjadi hiburan yang tepat untuk mengisi waktu luang. Terlebih pada saat bulan puasa seperti sekarang, yang mana biasanya kita bingung mau melakukan kegiatan apa selagi menunggu waktunya berbuka puasa. Oleh karena itu, menonton anime bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu ngabuburit kalian.

Nah, penulis sudah menyiapkan sepuluh rekomendasi anime yang cocok banget buat menemani kalian di saat ngabuburit. Tenang saja semuanya aman untuk ditonton di bulan puasa. Penasaran? Yuk, langsung aja cek daftar yang ada di bawah ini.

KARAKAI JOUZO NO TAKAGI-SAN

Mengisi waktu ngabuburit dengan berbagai asupan ke-uwu-an dan kemanisan yang disajikan oleh serial ini adalah sebuah keharusan untuk kalian nikmati. Serial anime yang mengisahkan tentang Nishikita yang duduk bersebelahan dengan seorang perempuan usil bernama Takagi.

Kejailan Takagi terhadap Nishikita sepanjang cerita, pada akhirnya berhasil membuat hubungan mereka menjadi semakin dekat dan momen-momen romantis di antara mereka pun tercipta. Romantisme yang berhasil dibangun oleh mereka berdua sangatlah uwu dan manis. Oleh karena itu serial ini sangatlah cocok untuk kalian yang suka anime bergenre romansa sebagai teman untuk mengisi waktu ngabuburit.

TSUKI GA KIREI

Mau melihat dan merasakan kedua insan yang masih lugu nan polos membangun hubungan romantis? Jika iya, serial ini sangat cocok untuk menemani kalian pada saat ngabuburit.

Tsuki ga Kirei mengisahkan kisah cinta kedua remaja SMP, Akane Mizuno dan Kotarou Azumi. Mereka dipertemukan di kelas yang sama saat berada di tahun terakhirnya di bangku SMP. Hingga pada saat itu, mereka berdua sama sekali tidak saling berbicara bahkan mengenal satu sama lain.

Di serial ini kita akan disajikan berbagai momen keluguan dan kepolosan kedua tokoh utama ini perihal masalah percintaan. Dari bagaimana mereka berdua saling mengenal, saling berbicara untuk pertama kalinya, saling mengajak kencan, dan saling mengutarakan perasaan mereka satu sama lain. Sama sekali tidak ada konflik percintaan yang rumit dan berat di sini. Oleh karena itu, serial ini sangat cocok untuk dinikmati oleh kalian yang suka cerita romansa yang manis pada saat ngabuburit.

AMAGAMI SS

Membicarakan anime yang bisa membuat para penikmatnya mendapatkan rasa kasih sayang, entah kenapa pikiran penulis langsung tertuju ke serial ini. Amagami SS adalah serial anime yang diadaptasi dari sebuah permainan simulasi kencan konsol PS2 dan PSP.

Serial ini menceritakan seorang pemuda bernama Tachibana Junichi, yang mana dia memiliki trauma percintaan akibat kencan pertamanya saat malam natal dua tahun silam berakhir menyedihkan. Gadis yang dia taksir tidak kunjung datang ke tempat pertemuan yang dijanjikan oleh mereka berdua. Sejak saat itu Tachibana Junichi terus berkutat di dalam jurang penderitaan cinta dan tak pernah berusaha bangkit. Namun, karena kisah cinta menyedihkannya itulah yang menjadi gerbang bagi dirinya untuk bisa bertemu dan menjalin kisah romantis dengan 7 gadis cantik. Serial ini mengadopsi konsep omnibus, yang mana setiap gadis dari ketujuh gadis tersebut memiliki routenya masing-masing. Jadi, setiap empat episode akan menceritakan rute gadis yang berbeda-beda. Konsep seperti itulah, yang menjadi daya tarik utama serial ini dan membuat para penonton bisa merasakan kasih sayang yang seimbang dari setiap gadis atau heroine. Oleh karena itu, Amagami SS sangat cocok untuk dinikmati pada saat ngabuburit bagi kalian yang suka menghalu waifu.

BOKU DAKE GA INAI MACHI

Suka anime dengan cerita yang mampu membuat jantung berdebar-debar karena misteri yang terkandung di dalam ceritanya? Maka, menonton anime Boku Dake ga Inai Machi adalah pilihan yang tepat untuk menemani kalian pada saat ngabuburit.

Anime yang mengisahkan tentang Satoru Fujinuma yang secara tidak sengaja mengalami perjalanan waktu kembali ke masa lalu. Satoru kembali ke delapan belas tahun yang lalu, di masa di mana pada saat itu sedang terjadinya sebuah kasus penculikan yang menyebabkan beberapa temannya menghilang. Satoru pun pada akhirnya mencoba mencari tahu siapa yang menyebabkan terjadinya kasus penculikan tersebut sekaligus mencari cara untuk bisa menyelamatkan teman-temannya yang menjadi korban di masa lalu.

Serial ini memiliki konsep dan premis yang bagus, ditambah banyaknya pemelintiran cerita atau plot twist di dalamnya mampu mengunggah rasa penasaran bagi siapapun yang menontonnya. Oleh karena itu, serial ini pas banget buat menemani waktu ngabuburit kalian yang sangat suka anime bergenre misteri.

HOUKAGO TEIBOU NISSHI

Houkago Teibou Nisshi adalah sebuah serial anime yang mengisahkan Hina Tsurugi yang memiliki keahlian dalam menjahit dan membuat kerajinan tangan, tapi karena suatu hal dia malah bergabung ke klub “Pemecah Gelombang”, yang sebagian besar kegiatannya adalah memancing.

Cerita dalam serial ini mengusung konsep Iyashikei. Iyashikei sendiri ialah subgenre dari slice of life. Ciri khas anime beraliran ini adalah ceritanya yang hampir sama sekali tidak ada konflik dan hanya menitikberatkannya pada suasana yang menenangkan hati penonton. Biasanya cerita anime iyashikei digabungkan dengan konsep estetika keindahan alam atau tingkah lucu para karakternya.

Setelah mengetahui mengenai maksud dari sub genre iyashikei. Maka, kalian pasti sudah tergambarkan bagaimana bentuk alur cerita dari serial ini. Iya sepanjangan cerita di serial ini, sama sekali tidak ada konflik yang berat, hanya ada konflik-konflik ringan. Seperti Hina yang tidak bisa memancing, Hina yang geli dengan gurita, dsb. Namun meski demikian, cerita di serial ini tetap ada main dishnya, yakni mengubah Hina yang awalnya tidak tertarik memancing menjadi tertarik dan menyukainya. Dan proses pengembang karakter Hina tersebutlah, saya rasa sangat halus dan tidak terkesan dipaksakan, ngalir aja gitu kaya sungai.

Akan tetapi, daya tarik utama dari anime adalah suasana saat para karakter saling berinteraksi satu sama lain dan keindahan pemandangan alam di dalam serial ini. Kedua hal tersebut yang menjadikan serial ini sangatlah menyejukan dan menenangkan jiwa. Alhasil, saat perasaan sedang kacau balau bagaikan benang kusut, seketika menjadi tentram saat menonton serial ini. Ya, tujuan anime Iyashikei memang seperti itu sih, menyembuhkan kegelisahan jiwa penonton.

Bukan hanya itu saja, serial ini juga mengedukasi kita yang sama sekali awam dengan dunia mancing. Dari berbagai istilah hingga fungsi setiap alat pancing dijelaskan dengan baik dan mudah dipahami oleh orang yang awam terhadap dunia mancing. Menyejukan jiwa dan mengedukasi penonton. Tidak perlu diragukan lagi, anime ini sangat cocok untuk menemani waktu ngabuburit kalian.

LOVE LIVE NIJIGASAKI

Satu kata untuk love live seri ini. FRESH!

Jujur, awalnya penulis tidak terlalu hype dengan love live seri ini, karena sebagai penikmat seri love live sejak generasi pertama. Penulis mengira bahwa cerita di seri ini akan memiliki konsep yang sama dengan para pendahulunya dan mulai merasa jenuh dengan hal tersebut. Namun, ternyata pemikiran penulis salah. Jadi, bagi kalian yang belum sempat nonton seri sebelumnya, tapi mau nonton seri ini, tidak masalah. Karena seri Nijigasaki sama sekali tidak ada hubungannya sama seri sebelumnya, bisa dikatakan Nijigasaki cerita alternatifnya serial Love Live.

Love Live Nijigasaki sangat segar dalam hal konsep cerita. Meski di awal cerita masih sedikit menyinggung sebuah plot pasaran yang ada di dalam seri love live, yaitu membangun sesuatu yang sudah dibubarkan. Seri Love Live memang tidak jauh-jauh dari kata “bubar”. Namun, ini menandakan bahwa sejak awal konsep cerita di Nijigasaki udah baru dan segar.

Dari banyak hal yang ada di Nijigasaki, ada satu hal yang menjadi ciri khas di seri ini dan juga menjadi daya tariknya, yakni konsep ‘solo’ idol. Hal inilah yang menarik mata saya dan terbesit di pikiran saya “Kok bisa?! Love Live ini kan projek grup idol”. Sebenarnya konsep ‘solo’ idol ini sudah lama diadopsi oleh mereka di cerita gimnya. Namun, saya tidak mengira bakalan diadopsi juga di animenya, setelah saya mendengar desas-desus bahwa cerita animenya akan berbeda dengan cerita di gimnya, tapi ternyata tetap diadaptasi di animenya dan akhirnya hal tersebutlah yang menjadi ciri khas tersendiri dari Nijigasaki. Malahan hal yang berbeda dari cerita gim dengan animenya ternyata adalah sesuatu yang mampu membuat Nijigasaki ini menjadi sangat kemilau, yaitu melepas segala atribut yang berbau Myuse dari seri Nijigasaki. Alhasil, Nijigasaki menjadi bisa berdiri sendiri dengan identitas dan ciri khasnya tersendiri.

Konsep baru, tapi sistematikanya atau format ceritanya masih sama. Format episodik yang setiap episodenya diisi untuk karakterisasi setiap karakter Nijigasaki. Walaupun begitu, saya merasa format episodik digarap lebih baik karena berdasarkan interaksi antar karakter dan hasilnya bisa mengekspos seluruh potensi yang dimiliki oleh setiap karakter dengan baik.

Untuk masalah teknis, visualnya colorfull banget. Rasanya setiap kali nonton serial ini selalu nyaman dan enak dipandang. Kesan visual yang sangat ceria ini sangat related dengan cerita yang ada di Nijigasaki. Desain karakternya juga imut-imut dan sesuai dengan penokohan setiap karakternya, intinya sangat waifuable. Kemudian di aspek musik atau scoring, sama sekali tidak ada kecacatan, bagus dan bisa mendukung isi cerita di beberapa adegan. Untuk kedua lagu tema di serial ini, sangat wholesome dan mampu membuat penulis mengalami fenomena earworm. Penulis sama sekali tidak pernah dikecewakan oleh seri Love Live untuk setiap lagu tema animenya, pokoknya saya suka banget.

Jadi, bagi kalian yang suka anime musik, pas banget buat nonton serial ini untuk menemani waktu ngabuburit.

GOCHUUMON WA USAGI DESUKA?

Serial ini memiliki cerita dan storytelling yang baik, interaksi antar karakter yang kuat nan wholesome, kombinasi musik latar dan visual latar belakang yang sangat bagus dan ciamik. Tidak heran, jika saya menilai serial ini sangat tinggi.

Jika dilihat secara kasar, cerita di serial ini hanya berisikan keseharian para gadis-gadis imut yang sedang menikmati masa mudanya. Namun, di balik itu semua, banyak makna-makna kehidupan tersembunyi di beberapa episode dan juga memiliki banyak adegan wholesome yang disajikan di serial ini.

Oleh karena itu, bagi kalian yang menyukai jenis anime yang memiliki banyak gadis imut di dalamnya dan melakukan berbagai kegiatan yang imut, tapi juga memiliki berbagai nilai-nilai kehidupan di dalam ceritanya. Maka, menonton serial ini adalah pilihan yang bijak untuk menemani waktu ngabuburit kalian.

USAGI DROP

Anime yang tayang pada musim panas 2011 ini, memiliki cerita yang sangat menghangatkan jiwa bagi siapapun yang menontonnya.

Serial ini mengisahkan tentang keseharian Daikichi yang merawat anak perempuan kakeknya yang masih berusia enam tahun bernama Kaga Rin. Keseharian mereka berdua yang penuh kelucuan dan sarat makna kehidupan pun dimulai.

Bagi kalian yang menyukai anime yang penuh makna kehidupan, maka menonton Usagi Drop untuk menemani waktu ngabuburit kalian adalah pilihan yang tepat.

DANSHI KOUKOUSEI NO NICHIJOU

Kocak.

Satu kata yang bisa mendeskripsikan anime Danshi Koukousei no Nichijou. Penulis selalu disuguhkan berbagai aksi konyol nan kocak dari para anak laki-laki SMA Sanada Utara. SMA Sanada Utara sendiri adalah sebuah sekolah khusus laki laki, kalau di Indonesia lebih familiar dengan sebutan SMK.

Lelucon ringan dicampur tingkah konyol khas remaja, yang masih mencari jati dirinya sendiri, menjadi daya tarik dari anime ini. Jika di serial lain, biasanya karakter perempuan jauh lebih kalem dibandingkan dengan para karakter prianya, tapi di serial ini berbeda. Kita malah akan disuguhkan betapa liarnya tingkah laku para anak perempuan SMA dan berbanding terbalik dengan para anak laki-lakinya yang jauh lebih kalem dan gentleman. Oiya serial ini dipenuhi dengan berbagai kode yang hanya diketahui oleh para anak laki-laki.

Anda mencari unsur romantis dalam anime ini? Maka bergembiralah, karena di serial ini ada satu bagian yang unsur romantisnya tertuang di dalamnya, meskipun jangan terlalu berharap lebih bahwa unsur romantisnya akan menghangatkan jiwa, karena ujung-ujungnya malah membuat Anda ketawa. Bagian romantis yang saya maksud ada di bagian “Cowok SMA dan Gadis Sastra”, di sana kalian akan melihat romantisnya Hidenori dengan Yassan, biasanya mereka akan bertemu di tepi sungai pada saat sore hari.

Jika kalian menonton serial ini selepas lulus sekolah, maka penulis yakin kalian akan merasa sangat merindukan masa-masa SMA, yang mana kalian masih bisa ketawa dan melakukan berbagai hal konyol bersama teman-teman. Sangat mirip sekali dengan apa yang dilakukan oleh para anak laki-laki SMA Sanada Utara. Kepolosan dan kebodohan tercampuk aduk di dalam tingkah laku mereka, itulah khas remaja.

Jadi, kalau kalian ingin mengisi waktu ngabuburit kalian seraya melihat berbagai tingkah konyol yang dilakukan oleh para siswa SMK. Maka, serial ini sangatlah cocok untuk ditonton.

K-ON

Ngabuburit ingin menonton anime yang bisa menenangkan jiwa sekaligus telinga? Maka memilih K-ON sebagai anime yang ditonton saat ngabuburit adalah pilihan yang sangat tepat.

K-On! Sendiri mengisahkan kehidupan sehari-hari empat siswi Sekolah Menengah Atas Sakuragaoka di Jepang. Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, mereka bergabung dalam sebuah klub musik pop atau klub musik ringan (軽音部 Keion-bu) yang sudah hampir ditutup. Anggota klub tersebut hanya mereka berempat. Pada awalnya, Yui Hirasawa tidak memiliki pengalaman bermain alat musik atau membaca partitur. Dia hanya pernah bermain kastenyet, tetapi akhirnya dia mahir bermain gitar. Sejak itu pula, Yui bersama pemain bass Mio Akiyama, pemain drum Ritsu Tainaka, dan pemain keyboard Tsumugi Kotobuki menghabiskan waktu seusai pelajaran sekolah dengan berlatih, ikut serta dalam pertunjukan, atau sekadar jalan-jalan bersama. Klub ini diawasi oleh seorang guru musik bernama Sawako Yamanaka. Sawako nantinya menjadi wali kelas mereka pada tahun terakhir mereka di SMA. Ketika mereka duduk di kelas 2 SMA, klub ini mendapat tambahan gitaris baru, bernama Azusa Nakano. Setelah Azusa bergabung, klub ini semakin terstruktur dan lebih sering berlatih.

Alur cerita santai dan lagu-lagu ringan yang dihasilkan oleh klub musik ringan, Yui dan kawan-kawan. Dua unsur yang membuat K-ON adalah anime yang sangat tepat untuk mengisi waktu luang kalian pada saat ngabuburit.

Itulah sepuluh judul anime yang penulis rasa cukup menarik untuk ditonton pada saat ngabuburit di bulan puasa sepert sekarang ini.

Selamat menonton dan have fun!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More