Persiapan Buat Kalian yang Ingin Kuliah di Jepang, Apa Saja?

Kanau.org – Negara Jepang merupakan salah satu negara yang banyak menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Bukan tanpa alasan Jepang banyak diminati oleh mahasiswa internasional. Jepang memiliki sistem pendidikan yang baik, Selain itu juga didukung kemajuan teknologi.

Buat kalian yang ingin kuliah di Jepang, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Apa saja kira-kira? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Bisa menggunakan bahasa Jepang

Hal pertama yang harus kalian persiapkan jika ingin kuliah di Jepang yakni menguasai bahasa Jepang. Tentu saja hal ini menjadi sangat penting. Jika kalian tidak memahami bahasa Jepang, lantas bagaimana kalian dapat menyimak materi kuliah?

Jangan khawatir, buat kalian yang belum menguasai bahasa Jepang dapat melakukan kursus bahasa asing. Di samping menguasai bahasa Jepang, kuasai juga bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional di seluruh dunia.

Memiliki sertifikat bahasa Inggris

Selain menguasai bahasa Jepang, kalian juga harus memiliki sertifikat bahasa Inggris. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Kalian akan terbantu selama menjalani kuliah di Jepang jika menguasai bahasa Inggris.

Kemampuan bahasa Inggris yang kalian kuasai harus dibuktikan dengan sertifikat IELTS, TOEFL, dan sertifikat bahasa Inggris lainnya. Kalian dapat mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat bahasa Inggris.

Memperhatikan jadwal pendaftaran di Universitas yang dituju

Hal berikutnya yang perlu kalian siapkan adalah mengetahui jadwal pendaftaran di universitas impian. Biasanya, jadwal pendaftaran dan ujian setiap universitas berbeda-beda. Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, kalian perlu melakukan riset.

Pastinya kalian tidak akan kesulitan menemukan jadwal pendaftaran di universitas pilihan. Dengan adanya internet, informasi dapat diperoleh sangat mudah. Kalian dapat mengecek situs resmi universitas di Jepang yang kalian inginkan.

Siapkan CV dan dokumen penting lainnya

Jika kalian ingin kuliah di Jepang, jangan lupa siapkan CV dan dokumen penting lainnya. Misalnya ijazah, paspor, portofolio, dan dokumen lain sebagai pendukung. Kalian dapat menyesuaikan dokumen yang dibutuhkan dengan universitas yang dituju.

Mengikuti ujian masuk Universitas impian

Calon mahasiswa yang mendaftar di universitas wajib mengikuti ujian masuk. Hal ini sama seperti sistem penerimaan mahasiswa baru di universitas Indonesia. Hanya saja, calon mahasiswa kampus di Jepang wajib mengikuti tes EJU (Examination for Japanese University).

Ujian masuk ini merupakan tes yang diadakan untuk menilai kemampuan berbahasa Jepang dan juga kemampuan akademik. Ujian ini biasanya dilaksanakan serentak di Jepang dan di luar negeri. Dalam satu tahun, biasanya dilakukan dua kali tes, yaitu pada bulan Juni dan November.

Nah, demikianlah informasi mengenai apa saja yang harus kalian siapkan jika ingin kuliah di Jepang. Bagaimana menurut Kanauzen, ada yang ingin kuliah di Jepang?