Penilaian Gim Fan Service Goddess of Victory: Nikke

3 minutes reading
Thursday, 1 Dec 2022 16:35 0 39 Adi

Goddess of Victory: Nikke merupakan gim gacha third person shooter yang dikembangkan oleh developer Korea Selatan, Shift Up. Gim ini dirilis pada tanggal 4 November 2022 dan dapat dimainkan di Android atau iOS. Sejak awal perilisan. Goddess of Victory: Nikke mendapatkan banyak sorotan dari audience karena desain dan pergerakan animasi karakter wanita di gim ini yang sangat memancing iman kaum laki-laki.

Gim ini bercerita tentang manusia melawan robot. Para pemain akan berperan sebagai komandan perang, lalu dibantu oleh robot perang atau disebut dengan nikke untuk mencari tahu dan menghancurkan robot jahat. Setelah bermain Goddess of Victory: Nikke lebih dari 2 minggu berikut penilaian pribadi saya. 

Kuat Iman Kuat Imun

Penilaian saya ketika melihat pertama kali Goddess of Victory: Nikke adalah konten di dalam gimnya penuh dengan fan service. Pihak developer memilih pasar laki-laki untuk gim ini. Kalian bisa melihat dengan jelas bahwa Shift Up mengembangkan Goddess of Victory: Nikke dengan sangat teliti bahkan sampai memasukan hukum gravitasi yang membuat animasi setiap karakternya tampak hidup.  

Tapi di balik itu konten yang penuh fan service, Goddess of Victory: Nikke memberikan pengalaman bermain cukup baik. Sistem pertarungan gim ini cukup simpel, pemain mengarahkan senjata ke arah musuh lalu senjata akan menembak secara otomatis. Kemudian terdapat skill yang berguna untuk memudahkan pertarungan.

Gacha Pelit Upgrade Karakter Sulit

Perlu diketahui sistem gacha Goddess of Victory: Nikke tidak ada sistem pity. Pity hanya tersedia untuk karakter limited dan itupun hanya satu karakter saja. Karakter di gim ini dibagi menjadi tiga bagian, ada R, SR, dan SSR. Lalu terdapat tiga class seperti defender, attacker, dan supporter. Kemudian dibagi lagi dari tipe senjata seperti shotgun, assault rifle, minigun, sniper, SMG, dan rocket launcher. Lalu yang terakhir terdapat elemen untuk setiap karakternya seperti iron, electric, fire, water, dan wind. 

Untuk mendapatkan karakter, pemain harus mempunyai tiket atau memiliki minimal 300 gem. Jika pemain telah merekrut 40 Nikke. Pemain dapat memilih 15 karakter SSR untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan beberapa 15 karakter tersebut.

Progress setiap karakter bisa dibilang cukup ribet. Contohnya saja untuk meningkatkan power satu karakter saja pemain harus memberikan 4 equipment dan meningkatkan 3 skill. Padahal untuk meningkatkan kedua hal tersebut dibutuhkan item yang berbeda. Belum lagi hubungan pemain dengan karakter Nikke juga berpengaruh untuk proses ke depannya. Intinya pemain harus benar-benar memilih karakter yang tepat untuk menghabiskan sumber daya untuk meningkatkan kemampuan para Nikke.

Fitur Farming Cukup Membantu 

Terdapat fitur bernama Outpost yang berguna untuk mendapatkan sumber daya.Fitur ini akan memberikan item dengan sendirinya jadi pemain tidak perlu repot-repot melakukan grinding item. Kemudian Untuk meningkatkan skill dan mendapatkan equipment pemain bisa pergi ke Ark untuk mendapatkan sumber daya tersebut. Walaupun proses upgrade karakter cukup ribet gim ini tetap memberikan fitur yang berguna untuk sedikit memudahkan para pemainnya.

Kesimpulan

Setelah bermain selama lebih dari 2 minggu. Penilaian saya terhadap gim ini cukup baik walaupun tetap ada sisi negatifnya. Saya memberikan nilai 7 untuk gim Goddess of Victory: Nikke. Apakah gim ini P2W? Bisa iya bisa tidak, tergantung pemain beruntung atau tidak. Jika pemain mendapatkan karakter yang berguna berarti jawabannya iya. Atau jika pemain tidak beruntung saat meng gacha berarti jawabanya adalah tidak. Kompisisi karakter di gim ini cukup berpengaruh untuk progress kedepannya.

Editor:
  • BlueHeaven