[Nolep Time] Webtoon Ini Bikin Ketawa Juga Mewek! Yakin Ga Mau Baca?

4 minutes reading
Wednesday, 30 Nov 2022 18:00 0 37 Permen Gotcha

Kanau.org – Bagi yang suka baca komik berwarna dengan cara scrolling, ayo ngumpul sini~ Penulis punya beberapa rekomendasi buat kamu yang suka baca!

Apa Itu Webtoon?

Naver Line Webtoon Logo

Webtoon adalah perpaduan kata dari ‘web’ dan ‘cartoon’, yang berarti kartun atau komik yang dapat dinikmati daring dalam bentuk website. LINE Webtoon adalah layanan di mana webtoon-webtoon terbaru dirilis secara terus-menerus menurut jadwal yang telah ditentukan oleh penulis komik yang berlisensi. Jadi, webtoon ini termasuk webcomic, loh.

Webtoon diluncurkan oleh Naver Corporation di Korea Selatan pada tahun 2004. Layanan ini dikenal sebagai Naver Webtoon dalam versi Korea, Line Manga (sebelumnya XOY) dalam versi Jepang, Dongman Manhua dan Webtoon dalam versi Tionghoa, serta Webtoon dalam versi Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Thai. Ternyata, namanya ga sama di semua Negara, ya!

Pada 2 Juli 2014, situs web dan aplikasi ponsel Line Webtoon diluncurkan di seluruh dunia, lho. Tak lama kemudian, seniman internasional dapat mengunggah karya mereka sendiri ke layanan ini. Dan layanan dalam bahasa Indonesia sendiri  dirilis pada April 2015. Artinya, Webtoon ini sudah memikat para pembaca Indonesia selama 7 tahun lebih. Kalo kamu sudah pernah baca Webtoon, belum, selama 7 tahun Webtoon ada dalam bahasa Indonesia?

Buat kamu yang belum pernah, atau udah pernah dan lagi butuh bacaan baru, simak artikel ini sampai habis, ya!


1. Spirit Fingers

Cuplikan adegan webtoon
Spirit Fingers – Ep.159

Rekomendasi pertama merupakan sebuah webtoon yang dibuat Kyoungchal Han, berjudul Spirit Fingers. Webtoon ini bercerita tentang persahabatan, mimpi, keluarga, dan pasangan, yang dikemas dengan unik dan lucu. Menurut penulis sendiri, Spirit Fingers memang sepantasnya menjadi favorit banyak orang, selain karena komedi dan romantisnya yang tidak berlebihan, ia juga memiliki banyak pesan. Mulai dari menumbuhkan rasa percaya diri, self love, menghargai kemampuan orang lain, tulus, saling memahami, cinta keluarga, dan masih banyak lagi. Pokoknya Spirit Finger recommended banget, deh! Dijamin ga akan nyesel bacanya.

Berita baiknya, kamu tidak perlu menunggu webtoon ini untuk update dikarenakan statusnya yang sudah complete. Jumlah episodenya adalah 162 dengan tambahan 5 spin-off. Namun, kamu juga tidak bisa maraton membacanya karena webtoon ini sudah menggunakan tiket harian, kecuali kalo kamu sultan~

2. Blue

Cuplikan adegan webtoon
Blue – Ep.24 – Hantu

Rekomendasi kedua adalah Blue oleh Kennsaty. Blue bercerita tentang seseorang yang bisa melihat hantu karena suatu kejadian yang dialaminya. Alur cerita dalam komik ini adalah maju-mundur. Selain karena ceritanya yang cukup menyayat hati, Blue memiliki art yang khas. Jujur saja, awalnya penulis tertarik membaca webtoon yang satu ini adalah karena gambarnya yang digital, tapi terlihat seperti gambar yang dilukis menggunakan cat air. Tone-nya “Blue” sekali. Setiap karakter yang ada di Blue pun tak kalah menarik. Juni, yang adalah pemeran utamanya, bertanya-tanya tentang hidup itu untuk apa. Hingga kemudian, dia bertemu dengan hantu yang membuatnya mengingat hal-hal yang terjadi sebelumnya. Blue merupakan webtoon favorit penulis sejauh ini.

Sama seperti judul yang direkomendasikan sebelumnya, Blue juga memiliki episode yang sudah selesai dan menggunakan tiket harian. Episodenya tidaklah banyak, hanya berjumlah 53 episode dengan tambahan satu episode spesial.

3. Girl’s World

Cuplikan adegan webtoon
Girl’s World – Ep.214 Surat Nari

Girl’s World, oleh Morangg, awalnya menceritakan tentang 4 orang sahabat yang memiliki ceritanya masing-masing. Pemeran utama, Oh Nari, merupakan “Si Bebek” yang berteman dengan para angsa. Mulanya, Oh Nari sangatlah tidak percaya diri karena berteman dengan orang-orang cantik, sedang dia tidak. Namun, semakin lama, Nari mulai menyadari banyak hal dan mengetahui cerita hidup para sahabatnya. Perkembangan karakternya terlihat, dan hal itu memberi banyak pesan kepada para pembaca. Pesan-pesan itu seperti bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri, menerima apa adanya, berdamai dengan masa lalu, juga tentang persahabatan.

Webtoon yang dikemas dengan menyelipkan adegan-adegan komedi ini sudah dibaca sebanyak 266 juta lebih sejak diterbitkan pada tahun 2016. Saat ini Girl’s World melanjutkan season keduanya dengan Nari yang lebih dewasa. Musim kedua pun lebih berfokus pada kisah romansa Nari dan impiannya. Jumlah episodenya adalah 214 di musim pertama, sedangkan musim kedua sejauh ini sudah menyajikan 121 episode, dan masih akan bertambah lagi. Kalian bisa membacanya di setiap hari Jumat. Sayangnya, saat ini Girl’s World dalam masa hiatus untuk persiapan episode selanjutnya.

4. Wee!!!

Cuplikan adegan webtoon
Wee!!! – Episode 53

Sepertinya akan kurang jika penulis tidak menyelipkan yang satu ini. Wee!!! merupakan webtoon yang dibuat oleh Amoeba UwU. Wee!!! bergenre kehidupan sehari-hari alias slice of life, tetapi akan menggelitik perutmu setiap hari Selasa dan Sabtu layaknya cerita bergenre komedi. Kelakuan aneh serta bodoh mereka sangatlah menghibur. Lalu ada banyak karakter yang husbuable. Namun, disela-sela komedinya, terdapat kisah dari setiap karakternya yang juga akan mengiris hati. Tentang masa lalu, juga kekhawatiran masa depan, kemudian kisah cinta dan persahabatan lengkap di sini.

Saat ini, Wee!!! merupakan webtoon yang paling penulis tunggu-tunggu kehadirannya setiap dua kali seminggu. Sejak Juli 2021 hingga November 2022, Wee!!! sudah memiliki 138 episode. Ayo baca Wee!!! sekarang juga.


Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membaca judul-judul di atas? Atau kamu malah sudah membaca semuanya? Kamu boleh menuliskan impresimu di kolom komentar. Akhir kata, terima kasih sudah membaca! Sampai berjumpa lagi di rubrik Nolep Time selanjutnya~

Permen Gotcha

Manusia yang suka tidur, tapi suka nulis juga, cuma lebih suka tidur, yaa tetep suka nulis, hanya saja tidur lebih mendominasi.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *