[Ngopini] SPY x Family Normalisasi Nikah Mut’ah, Apa Iya?

0 34

Kanau.org – Jagat perwibuan di Indonesia sangat senang menonton anime berlatar belakang Jerman pasca perang, SPY x Family. Operasi Strix, menjadi sebab anime ini istimewa dan tetap hidup sampai saat ini. Hal-hal paling sepele seperti merayakan sesuatu, sekadar mengucap selamat dan memberikan hak yang seharusnya diberikan justru membuat anime ini begitu hangat bagi semua penontonnya.

Namun, hal yang menjadi janggal adalah kedua tokoh menikah tanpa wali, tanpa perayaan, tanpa saksi, tetapi memakai jangka waktu sampai Operasi Strix selesai. Apakah boleh demikian? Kita harus paham apa itu SPY x Family dan nikah mut’ah secara umum.

Hakikat SPY x Family

Spy x Family (Twitter/@spyfamily_en)

SPY x Family merupakan anime bertemakan aksi, komedi dan pengasuhan anak. Dibuat oleh Tatsuya Endo pertama kali pada tahun 2019, dan mendapat adaptasi animenya pada tahun 2022. Banyak platform yang menyediakan anime ini, salah satunya MUSE Indonesia. Tokoh utama di sini ada Loid Forger, Yor Briar dan Anya. Sesuai dengan tradisi di Jerman sana, nama belakang mereka dibubuhkan dengan nama belakang kepala keluarga.

Loid Forger merupakan identitas palsu dari lelaki berjulukan ‘Twilight’, bekerja untuk negara bagian bernama Westalis (Jerman Barat) dan ditempatkan di divisi WISE sebagai mata-mata. Negara ini memiliki visi menciptakan kedamaian antara Westalis dan Ostania karena terlalu banyaknya propaganda yang beredar. Karena oknum-oknum yang sering menyebarkan propaganda tersebut berasal dari negara bernama Ostania, maka tugas dari Twilight adalah membunuh orang dengan jabatan tertinggi di sana, Donovan Desmond. Demi mensukseskan misinya, dia harus menyusup sebagai orang lain di Ostania dan membangun hubungan sesuai aturan di Ostania. Dia menikahi Yor Briar demi kelancaran misi sampai jangka waktu yang tidak ditentukan.

Yor Briar merupakan istri dari Loid Forger. Dia bekerja untuk negara bagian bernama Ostania (Jerman Timur) dan ditempatkan di divisi Garden sebagai assassin. Negara ini mengatur seluruh tatanan pemerintahan wilayahnya dalam berbagai aspek, termasuk menjaga ketat informasi mereka. Tugas dia sebenarnya adalah membunuh siapa pun yang dapat mengguncang kekuasaan Ostania, tak peduli sekalipun anak kecil. Namun untuk menyembunyikan kedok itu, dia bekerja sebagai PNS di balai kota Berlint. Dia bersedia dinikahi Loid Forger karena tidak ingin adiknya, Yuri Briar, khawatir terhadap masa depannya akan trauma pasca perang.

Anya merupakan anak perempuan dengan kemampuan telepati yang sangat kuat, diterima melalui percobaan yang tidak diketahui motifnya seperti apa. Tidak ada yang istimewa dari Anya, dengan demikian Anya merupakan anak perempuan biasa pada umumnya. Namun karena dia tidak memiliki keluarga sama sekali, memaksanya untuk tinggal di panti asuhan sampai ada keluarga yang bersedia merawatnya. Keluarga yang merawat tersebut adalah Loid dan Yor Briar.

Hakikat Nikah Mut’ah

Ilustrasi Pernikahan (freepik)

Nikah mut’ah sendiri terdiri dari dua padanan kata, yaitu nikah dan mut’ah. Nikah berarti berkumpul, adapun mut’ah berarti bersenang-senang. Perspektif etimologi berkata bahwa ini berarti nikah berjangka sampai waktu yang ditetapkan dari awal. Jika dari awal pernikahannya telah menetapkan jangka semisal satu bulan, maka mereka berdua harus cerai melalui pengadilan setempat. Namun jika dari awal pernikahannya telah menetapkan jangka tak menentu, maka pihak suami harus memberi kabar kepada istrinya bahwa mereka bisa cerai sewaktu-waktu dan istri harus siap akan hal itu.

Nikah mut’ah tidak mengenal warisan apapun. Jika ada, itu sudah ditetapkan oleh mereka berdua sebelum melakukan pernikahan mut’ah. Ini tentu beda dengan pernikahan di Indonesia, yang mana terikat akan warisan dan terikat akan timbal balik satu sama lain baik suka maupun duka. Dan ini tidak ada di nikah mut’ah, lebih menguntungkan pihak suami ketimbang pihak istri. [i]

Adapun status hukum nikah mut’ah sendiri harusnya sudah pada tau kan? Jika belum, mari belajar bersama. Status hukum asal nikah mut’ah adalah boleh, namun menjadi haram setelah Rasulullah melihat lebih banyak ruginya ketimbang untungnya. [ii]

Imam An-Nawawi menjabarkan lebih banyak tentang asal mula nikah mut’ah. Ini dilakukan oleh para sahabat ketika berada di medan perang karena tuntutan biologis yang sebegitunya mendesak. Saat itu ada kaum wanita di tengah-tengah mereka, namun para sahabat malah menahan nafsu mereka sendiri dengan mengebiri diri mereka sendiri. Tetapi waktu itu Rasulullah melarang mereka melakukan itu, menjadikan pelarangan tersebut sebagai indikasi dibolehkannya nikah mut’ah. [iii]Pertimbangan tersebut dimulai dari ketiadaan warisan, nasab dikhawatirkan menjadi rusak, dan ada opsi yang lebih baik lagi bermanfaat ketimbang nikah mut’ah yaitu puasa.

Di sisi lain, Ibnu Rusyd mengemukakan bahwa nikah mut’ah muncul karena keinginan para sahabat yang sedang berperang dalam jangka waktu lama namun mereka dalam posisi tidak mengajak istri mereka. Mereka pun ingin melakukan kebiri agar dapat menahan syahwat tersebut, namun tidak diizinkan oleh Rasulullah. Begitu pula dengan onani dan juga puasa. Untuk mengatasi hal ini, solusi untuk sementara waktu adalah nikah mut’ah dengan perempuan yang kebetulan ada di medan perang sana.

Penulis sepakat dengan Ibnu Rusyd tentang hal ini. Lalu, bagaimana dengan status hukum nikah mut’ah saat ini? Mari kita simak dalil-dalil ini:

۞ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ النِّسَاۤءِ اِلَّا مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۚ كِتٰبَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ ۚ وَاُحِلَّ لَكُمْ مَّا وَرَاۤءَ ذٰلِكُمْ اَنْ تَبْتَغُوْا بِاَمْوَالِكُمْ مُّحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسٰفِحِيْنَ ۗ فَمَا اسْتَمْتَعْتُمْ بِهٖ مِنْهُنَّ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ فَرِيْضَةً ۗوَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا تَرَاضَيْتُمْ بِهٖ مِنْۢ بَعْدِ الْفَرِيْضَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا ٢٤

Terjemah  :  “(Diharamkan juga bagi kamu menikahi) perempuan-perempuan yang bersuami,

kecuali hamba sahaya perempuan (tawanan perang) yang kamu miliki sebagai ketetapan Allah atas kamu. Dihalalkan bagi kamu selain (perempuan-perempuan) yang demikian itu, yakni kamu mencari (istri) dengan hartamu (mahar) untuk menikahinya, bukan untuk berzina. Karena kenikmatan yang telah kamu dapatkan dari mereka, berikanlah kepada mereka imbalannya (maskawinnya) sebagai suatu kewajiban. Tidak ada dosa bagi kamu mengenai sesuatu yang saling kamu relakan sesudah menentukan kewajiban (itu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (QS. An-Nisa [4]: 24)

Ayat di atas menurut Thaba’thaba’i (salah satu mufassir kalangan syi’ah) adalah dasar dibolehkannya nikah mut’ah.[iv] Menurut beliau, lafadz istamta’tum merupakan indikasi dibolehkannya nikah mut’ah. Hal ini beliau sambungkan dengan haji, shalat, zakat, rampasan perang atau semacamnya. Semua hal itu pasti memiliki objek. Dengan demikian, lafadz istamta’tum pun memiliki objek pula dan objek itu adalah pernikahan mut’ah.

Adapun menurut Az-Zamakhsyari (salah satu mufassir kecenderungan syi’ah), mengatakan bahwa ayat ini bukan menjelaskan mengenai nikah mut’ah.[v] Namun menjelaskan tentang wajibnya membayar mahar terhadap perempuan dalam pernikahan. Perempuan yang beliau maksud adalah perempuan dari tawanan perang, demi mengangkat statunya agar tak menjadi budak. Ini berdasarkan penafsiran beliau dalam kalimat illa malakat aimanukum.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ لَمَّا وَلِيَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ خَطَبَ النَّاسَ فَقَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ  أَذِنَ لَنَا فِي الْمُتْعَةِ ثَلاَثًا ثُمَّ حَرَّمَهَا وَاللَّهِ لاَ أَعْلَمُ أَحَدًا تَمَتَّعَ وَهُوَ مُحْصَنٌ إِلاَّ رَجَمْتُهُ بِالْحِجَارَةِ إِلاَّ أَنْ يَأْتِيَنِي بِأَرْبَعَةٍ يَشْهَدُونَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ أَحَلَّهَا بَعْدَ إِذْ حَرَّمَهَا

Artinya  : Ibnu Umar berkata, “Tatkala Umar bin Khatab menjadi Khalifah, dia berkhutbah

di hadapan orang banyak, ia menyampaikan, “Sesungguhnya Rasulullah pernah mengizinkan kita untuk melakukan nikah mut’ah sebanyak 3x, kemudian mengharamkannya. Demi Allah, tidaklah aku mengetahui seseorang yang melakukan nikah mut’ah sementara dia sudah menikah melainkan aku akan merajamnya dengan batu. Kecuali jika dia mendatangkan kepadaku empat orang yang bersaksi bahwa Rasulullah saw. Menghalalkannya setelah beliau mengharamkannya.” [vi]

Jerman Pasca Perang Tidak Stabil: Validasi

Adegan orang wanita berusia 30 tahun tinggal sendirian ditangkap disebabkan dicurigai sebagai mata-mata dalam anime SpyxFamily (Dok.Pribadi)

Diceritakan di dalam SPY x Family bahwa tiap individu yang tidak menikah sampai 30 tahun akan dianggap sebagai mata-mata, sehingga akan dijebloskan ke dalam penjara jika tidak melakukan hal tersebut. Namun, apakah benar demikian di kondisi kenyataannya?

Setelah membaca banyak penelitian ilmiah berskala internasional terkait kondisi sosial di jerman pasca perang, tidak ada satu pun yang memvalidasi bahwa tiap individu dibawah 30 tahun akan dianggap sebagai mata-mata jika tidak menikah. Anggap saja pernikahan di dalam SPY x Family merupakan hiperbola.

Bagi yang belum tahu, hiperbola sendiri merupakan pernyataan atas sesuatu yang dilebih-lebihkan padahal kenyataannya tidak seperti itu. Jika tidak familiar, kita bisa menyebut ini sebagai ‘terlalu dramatis’, seperti hasil kamera telepon pintar Realme yang dramatis semua atau saturasi yang berlebihan (oversaturated). Sosok fiktif yang sangat sering menggunakan majas hiperbola ini adalah Morgans dari anime One Piece. Tidak usah dijelaskan lagi dia siapa, karena kalian sudah pasti pada tahu semua, kan?

Satu-satunya hal yang bisa divalidasi oleh mereka, baik banyak penelitian ilmiah atau SPY x Family itu sendiri, adalah situasi pasca perang yang memang masih tidak stabil karena masyarakat di sana masih trauma dan terpecahnya Jerman menjadi dua bagian akibat berbagai propaganda yang menyasar ke kehidupan normal mereka.[vii]

SPY x Family Normalisasi Nikah Mut’ah: Antara Benar & Salah

Loid Forger, Anya Forger, dan Yor Forger (wall.alphacoders)

Jawabannya adalah salah, karena di sana tidak mengenal istilah nikah mut’ah dan mereka tidak sebodoh itu dalam urusan pernikahan. Trauma pasca perang tidak membuat mereka menghalalkan segala cara agar bisa melampiaskan hawa nafsunya, terlebih-lebih para prajurit Jerman yang menjadi tawanan bagi pihak pemenang.

Dipenjara bertahun-tahun dan diajarkan baca tulis serta diajarkan berbagai ideologi yang diharapkan dapat membawa kemajuan bagi Jerman sendiri pada suatu hari nanti (dan sekarang terbukti). Bahkan hampir semua para prajuritnya menangis terharu ketika memegang lengan seorang wanita yang mereka cintai, begitu pula dengan pihak wanita yang langsung memeluk erat pasangan mereka.

Di sisi lain, Jerman memegang erat tradisi unik jika seseorang belum menikah pada usia 30 tahun.[viii] Tradisi ini dinamakan Schachtelfest. Jika yang belum menikah adalah pria, maka dia wajib membersihkan tangga setiap hari sampai ada wanita yang menciumnya. Jika yang belum menikah adalah wanita, maka dia wajib membersihkan gagang pintu milik temannya setiap hari sampai ada pria yang menciumnya.

Masyarakat Jerman lebih mengenal pernikahan dalam bentuk domestic partnership. Domestic partnership merupakan hubungan rumah tangga antara dua orang yang tinggal bersama, tetapi belum menikah. Domestic partnership bersifat koletif kolegial, yaitu ditanggung bersama. Lalu, SPY x Family membenarkan apa jika tidak membenarkan nikah mut’ah?

Dari sedikit kajian di atas, SPY x Family tidak membenarkan nikah mut’ah karena sistem pernikahan domestic partnership ini termasuk baru dan tidak ada dalam ajaran Islam sebelumnya. Dengan demikian, dibutuhkan ilmu Ushuliyah untuk mengkaji lebih dalam hal ini. Ilmu Ushuliyah yang mungkin bisa diterapkan untuk mencapai konklusi tepat dalam menjawab  ini adalah Isytiqaq, penentuan hukum dengan mengupas secara detail karakteristiknya untuk mengetahui akar kata serta perkembangannya. Sayangnya penulis kurang sebegitunya paham akan hal ini, jadi mohon maaf sebelumnya.

SPY x Family juga tidak membenarkan nikah mut’ah, karena tidak ada kontrak khusus sebelum dilangsungkannya pernikahan. Hanya ada keinginan untuk menikah kepada orang yang dicintai dan menanggung bersama baik suka maupun duka. Namun, SPY x Family juga membenarkan nikah mut’ah karena pernyataan Loid Forger yang bergumam dia harus menikah demi mensukseskan Operasi Strix sampai tuntas lalu bercerai agar tak ada yang curiga dengannya.

Di sisi lain, Yor Briar dengan secara sadar menerima lamaran pernikahan Loid Forger agar identitasnya sebagai assassin tetap terjaga dalam jangka waktu yang sangat lama. Nikah mut’ah juga tercatat sebagai pernikahan yang sah berdasarkan kantor urusan pernikahan dan diakui oleh pemerintah Ostania dan negara asal nikah mut’ah itu sendiri.

SPY x Family juga dianggap bisa membenarkan nikah siri karena dapat terhindar dari fitnah berdasarkan kajian di atas dan dari episode awal-awal SPY x Family. Dan juga, Yor Briar selalu was-was akan adiknya yang selalu menanyakan status hubungannya sebagai perempuan sehingga menerima pinangan Loid agar adiknya tidak mencarikan kakaknya jodoh. Nikah siri juga dibenarkan karena memang murni suka sama suka dan ingin menjalin hubungan rumah tangga bersama-sama.

Namun, SPY x Family tidak membenarkan nikah siri karena nikah siri merupakan pernikahan yang tidak diakui oleh pemerintah meski diakui oleh agama, karena nikah siri mendahulukan persetujuan pihak agama ketimbang pemerintah. Pernikahan seperti ini justru akan menghambat Operasi Strix sehingga tidak berjalan sama sekali. Pernikahan ini juga tidak dibenarkan oleh SPY x Family karena dapat menimbulkan gunjingan di mana-mana, stigma negatif di Indonesia sudah melekat akan hal demikian karena nikah siri lekat akan hal orang ketiga.

Konklusi

Spy x Family (Twitter/@spyfamily_en)

SPY x Family merupakan anime trending di jagat maya dengan menghadirkan konsep unik, pengasuhan anak. Anime ini juga mengajarkan ilmu parenting dalam bentuk audiovisual yang unik lagi dramatis, juga dapat dinikmati oleh semua umur. Penulis sangat menyukai sekaligus merekomendasikan anime ini untuk ditonton karena banyak yang bisa diambil.

Nikah Mut’ah tidak dibenarkan berdasarkan anime ini, tidak juga membenarkan nikah siri. Karena SPY x Family tidak memenuhi kedua kriteria pernikahan tersebut secara sempurna, sehingga sulit menentukan apakah SPY x Family membenarkan nikah mut’ah atau tidak.

Namun, jika dilihat dari banyaknya anak di luar nikah pada daratan Eropa, SPY x Family lebih membenarkan nikah siri ketimbang nikah mut’ah karena merupakan opsi paling aman.

Nikah siri juga dapat dijalankan dengan aman tergantung emosi masyarakat terhadap orang yang belum atau sudah menikah. Di sisi lain, nikah mut’ah tidak berlaku dalam SPY x Family dikarenakan tidak adanya info kelahiran anak di luar nikah. Hal ini didukung dengan seseorang akan dianggap sebagai mata-mata jika tidak menikah di usia 30 tahun dan banyaknya propaganda di mana-mana akibat situasi sosial kemasyarakatan di Jerman yang masih belum stabil serta tingkat pengetahuan rata-rata orang Jerman terbilang tinggi sehingga tidak mungkin melakukan nikah mut’ah. Dengan demikian, nikah siri menjadi opsi paling aman dalam SPY x Family. Demikian tulisan ini, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan bagi para pembaca. Aamiin.


[i] Murtadha Muthahhari, The Rights Women in Islam, (Teheran: WOFIS, 1981), h. 15.

[ii] Abu Ishaq Asy-Syatibi, Al-Muwafakat Ushulul Ahkam, Jilid ke-2, (Beirut: Darul Kutub Al-‘Ilmiyah, 2003), h. 2-3.

[iii] Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syarf bin Murray An-Nawawi, Syarh An-Nawawi ‘Ala Muslim, Jilid ke-5, (Beirut: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1979), h. 180 & 182.

[iv] Muhammad Husain Thaba’thaba’i, Al-Mizan fi Tafsiril Qur’an, Jilid ke-4, (Beirut: Muassassah Al-A’lami Lil Mathbu’at, 1997), h. 278-281.

[v] Abul Qasim Jarullah Mahmud bin ‘Umar Az-Zamakhsyari Al-Khawarizmi, Tafsir Al-Kasysyaf ‘An Haqa’iq At-Tanzil Wa ‘Uyun Al-Aqawil Fi Wujub At-Ta’wil, (Beirut: Darul Ma’rifah, 2009), h. 231.

[vi] Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah Al-Qazwaini, Sunan Ibnu Majah, Jilid ke-3, (Damaskus: Dar Ar-Risalah Al-‘Alamiyah, 2009), h. 138.

[vii] Dewi Ermawati, “Kondisi Sosial, Ekonomi, Dan Politik Masyarakat Jerman Yang Tercermin Dalam Erzählung Als der Krieg zu Ende war Karya Heinrich Boll: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”, Skripsi, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014), h. 38-50.

[viii] https://weddedwonderland.com/this-is-what-happens-if-youre-single-in-these-7-countries/, diakses pada 27 Agustus 2022 Pukul 00:17 WITA.

Kontributor: Miata (Facebook)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More