[Ngopini] Nonton Anime? Ya, Binge-Watching!

0 227
Non Non Biyori

Menonton anime secara binge-watching lebih baik daripada menonton reguler setiap minggu.

– Rio Al

Sebelum membahas lebih jauh mengenai masalah lebih baik binge-watching atau menonton secara reguler setiap minggu. Penulis ingin mencoba mengambil sisi tengah, yakni bahwa keduanya memiliki keuntungan masing-masing, dan setiap orang tentunya memiliki prefensinya masing-masing.

Perlu diingat bahwa persoalan ini merupakan salah satu “hot take”, seperti layaknya diskusi anime lama vs baru. Jadi, terserah pembaca kalau mau memihak kemana.

1. Binge-Watching?

Keima & Elucia – Kami nomi zo Shiru Sekai

Pertama-tama, mari kita telusuri dulu apa yang dikategorikan sebagai menonton binge-watching. Namun, pastinya binge-watching bukanlah menamatkan seluruh episode anime sekaligus dalam sekali sesi menonton.

Oxford Dictionaries mendefinisikan binge-watching sebagai “menonton beberapa episode program televisi secara berurutan, biasanya melalui DVD atau streaming digital.” Kemudian, menurut Dictionary.com, binge-watching yaitu “menonton (beberapa video, episode acara TV, dll.) dalam sekali duduk atau dalam waktu singkat.”

Nah bagaimana dengan durasi? Setiap orang juga memiliki preferensinya masing-masing. Menurut saya, binge-watching itu setidaknya menonton tiga episode berdurasi penuh (24 menit) atau satu anime pendek berjumlah 12 episode dalam sekali sesi menonton.

2. Alasan Umum Memilih Binge-Watching

Hikigaya Hachiman & Yuigahama Yui – Oregairu

 

Setelah menelisik beberapa thread diskusi dengan tema ini di situs diskusi mainstream seperti 4chan, mal, dan reddit (r/anime), berbeda dengan ‘sinetron’ (seperti drama korea, sitkom barat, dsb). Kebanyakan orang lebih memilih menonton secara binge-watching dibandingkan menonton secara reguler setiap minggu.

Alasan dari mereka rata-rata juga kurang lebih sama dengan saya. Saya merangkum beberapa alasannya :

  1. Tidak tahan dengan cliff-hanger
  2. Tergantung genre (biasanya anime bertema SoL kebanyakan lebih memilih rilisan Mingguan dan judul anime yang “story-heavy” lebih baik ditonton binge)
  3. Menghindari bias (apabila menonton lebih dari 5 judul diseason yang sama tiap Minggunya)
  4. Menghindari lupanya detail plot ataupun visual penting.
  5. Agar tidak kehilangan interest atau ketertarikan karena harus menunggu tiap Minggu (terutama pada judul anime minim hype)

3. Alasan Pribadi Saya

Secara pribadi, alasan utama saya lebih memilih binge-watching adalah agar dapat memberikan analisis dan pendapat yang lebih baik terhadap judul anime yang bersangkutan. Sehingga bisa terlepas dari pengaruh opini orang lain serta hype-hype tidak jelas apabila menonton musiman tiap minggu.

Lihat saja anime The Detective is Already Death musim kemarin, hype-nya cuma di awal saja. Nah, jika hanya menilai berdasarkan hype, tentu saja pendapat kita terkait judul anime yang bersangkutan akan menjadi bias juga.  

detective

Saya memiliki beberapa contoh, misalnya anime yang tayang pada musim kemarin, Hamefura season 2. Saya memiliki penilaian yang lebih negatif dibandingkan kebanyakan orang.

“Jelas sekali milking-nya, semua konten di musim kedua ini, seharusnya dapat dibuat hanya dengan beberapa episode OVA atau bertipe film saja, dengan durasi kurang lebih 90 menit. Karena hampir tidak adanya plot koheren seperti halnya pada musim pertama. Kenapa saya tidak suka itu? karena banyak anime lain di luar sana yang seribu kali lebih layak mendapatkan sekuel.”l

Contoh lainnya, Osananajimi ga Zettai ni Makenai Love Comedy yang tayang pada musim semi. Saya memiliki penilaian yang lebih positif dibandingkan kebanyakan orang.

“Plotlinenya jauh lebih baik daripada yang saya harapkan. Jokesnya juga bagus, khas romcom banget!!.” .”Seharusnya audience harus lebih berfokus ke aspek romcomnya karena aspek romcomnya ini tereksekusi dengan baik daripada aksi ‘cringe’ karakter-karakter di animenya yang jujur saja pasti banyak yang terganggu karenanya.

Dan juga (awas spoiler ahead), semua karakter yang punya rasa dengan MC memanglah Osananajiminya si MC, jadi sangat sesuai dengan judul animenya dan saya sendiri sangat suka dengan nitpick kecil seperti itu.

4. Penutup

Terakhir, saya sendiri adalah orang yang tahan terhadap spoiler, dan tidak pernah tertarik mengikuti hype. Sehingga memilih untuk menonton secara binge-watching sangatlah tepat bagi saya.

Jadi, bagi kalian yang tidak tahan spoiler ataupun tidak bisa menahan hype train (misalnya suka diskusi diskusi anime musiman per episode) memang seharusnya menonton secara reguler setiap minggu. Karena itulah, kembali seperti yang saya katakan di paragraf awal, kembali ke preferensi pribadi masing-masing.

Dan yang paling penting : Jangan lupa jaga kesehatan saat memilih untuk menonton dengan cara binge-watching.

Artikel referensi : 

  • https://www.theatlantic.com/entertainment/archive/2014/02/when-exactly-does-watching-a-lot-of-netflix-become-a-binge/283844/

Gambar terkait :

  • Dari situs official anime
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More