Mobile Suit Gundam: Serial Mecha Yang Mendunia

Sejarah dari serial mecha yang semua orang kenal tapi juga tidak...

0 304

Mobile Suit Gundam: Serial Mecha yang Mendunia

Gambar dari Mobile Suit Gundam: Extreme VS Force

Ada banyak jenis hiburan yang ada pada era saat ini, yang mana salah satunya adalah anime. Bagi kalian para pecinta Jejepangan pasti tidak lagi asing dengan anime dan genre seperti mecha. Contoh dari serial mecha adalah Mobile Suits Gundam yang dibuat pada tahun 1979 oleh Studio Sunrise. Anime ini menyebar ke seluruh dunia sesampai pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 1987. Beberapa hal yang menarik dan menonjol adalah asal-usul serial ini, puncak dari popularitas seri ini, dan bagaimana ia tetap bertahan sampai hari ini. Mari kita mulai dari awal semuanya.

Hello World…

Mobile Suit Gundam adalah salah satu franchise pertama yang merevolusikan genrenya. Sekitar tahun 1970-an, genre mecha sudah ada dan relevan dari berkat serial seperti Mazinger Z, Getter Robo dan Steel Jeeg. Pada saat itu genre mecha hanya menggunakan cerita simpel mengenai “kebaikan melawan kejahatan”, “monster melawan robot”, tetapi Gundam mereka buat dengan animasi yang sangat berbeda dari serial lain pada saat itu.

Mereka menggunakan perang sebagai topik utama pertunjukan dan menjadikan robot sebagai senjata dalam perang itu. Mereka juga memberikan perspektif orang “jahat”: Kerajaan Zeon, dan orang “baik”: Earth Federation Force, yang dapat menyebabkan dilema kepada penonton untuk menentukan siapa yang benar-benar faksi “baik.”

Meskipun, acara ini dipuja-puji pada saat ini, tetapi pada saat serial ini tayang untuk pertama kalinya, tanggapan publik terhadap serial ini sangatlah berbeda. Bahkan bisa dikatakan, serial ini tidak akan memiliki masa depan. Serial ini tidak begitu diterima pada masa itu, dan menyebabkan acara televisi mereka dibatalkan pada tahun 1980-an.

Mereka dapat bertahan hidup dari pembatalan serial ini karena terciptanya mainan “khusus” mereka. Pada saat itu, merchandise adalah salah satu aspek penting untuk meraih popularitas, dan kali ini mainan Gundam berhasil melakukan itu. Gunpla—model plastik Gundam, menjadi fenomena besar di Jepang dan memberi kesempatan kedua pada serial ini. Karena kesuksesan gunpla, mereka membuat banyak sekuel, spin-off dan film box-office untuk franchise Gundam.

Gambar dari Gundam Versus.

It’s A Gundam!!!

Popularitas dari franchise ini mencapai puncaknya pada tahun 2000-an. Pada saat itu, franchise Gundam telah menjadi hal yang sangat terkenal di luar Jepang sehingga membuat jumlah penggemar mereka bertambah. Serial seperti Gundam Seed dan Gundam 00 menjadi salah satu franchise paling terkenal baik untuk penonton dari Eropa atau Amerika maupun dari Asia.

Franchise Gundam bahkan ditayangkan di Indosiar untuk ditonton anak-anak bangsa. Mainan gunpla mereka rilis di mana-mana, dan menjadikannya hal yang paling menguntungkan dengan memperoleh laba tertinggi pada tahun 2011, yakni ¥ 63,12 miliar dalam kurun waktu setahun. Ini membuktikan bahwa Gundam memiliki dampak global yang baik bagi Jepang maupun negara di luar Jepang.

Akan tetapi, semua awalan pasti memiliki akhir. Menjelang tahun 2010-an franchise Gundam tidak lagi sepopuler dulu.

The End of An Era

Franchise ini masih ada, tetapi tidak sepopuler dulu. Mainan untuk konsumsi massal menjadi lebih seperti hobi untuk orang yang lebih tua daripada target utama mereka yaitu anak-anak. Serial anime seperti Gundam Unicorn menjadi lebih eksklusif untuk penggemar hardcore saja, membuat penggemar kasual semakin menipis. Akan tetapi, itu tidak berarti bahwa franchise ini sudah mati, franchise ini jauh dari kata “mati”.

Studio Sunrise masih merilis seri-seri Gundam baru yang mereka rilis untuk ditonton orang banyak. Serial seperti Gundam Iron-Blooded Orphans dan Gundam Build Divers ada untuk penggemar dewasa maupun anak-anak. Bahkan film rilisan terbaru mereka Gundam Narrative dan nantinya Gundam Hathway’s Flash, juga mendapatkan lirikan massive oleh publik. Meskipun tidak sepopuler dulu, franchise ini belum mati.

Kesempatan ini dapat mereka manfaatkan untuk merangkul banyak penggemar baru, dan sekali lagi meraih puncak popularitas. Namun, untuk saat ini Gundam terperangkap di limbo, di mana mereka merupakan hal yang populer, tetapi juga tidak.

Is This The End?

Gundam sebagai franchise memiliki kesulitan sejak awal. Dibatalkan pada rilis pertamanya dan hanya dapat bertahan karena mainan yang mereka buat. Mereka berhasil membuat fandom yang sangat besar, tetapi hanya kehilangan peminat dari waktu ke waktu. Sedikit sedih melihat hal itu terjadi, tetapi ini bukanlah akhir dari serial ini.

Gundam adalah franchise yang berhasil menghadapi masalah dan menampilkan seri mereka ke jutaan massa. Untuk saat ini Gundam masih sebuah serial yang terperangkap di limbo, tetapi mungkin saja kali ini itu akan berubah … mungkin.

Referensi:

Blagdon, Jeff. “Rise Of The Giant Robots: How One Japanese Cartoon Spawned A Genre”. The Verge, 2012, https://www.theverge.com/2012/12/13/3759416/mazinger-z-go-nagai-rise-of-the-giant-robots.

Lewis, Leo. “Gundam Cartoon Academy To Turn Science Fiction Into Reality In Japan”. Thetimes.Co.Uk, 2008, https://www.thetimes.co.uk/article/gundam-cartoon-academy-to-turn-science-fiction-into-reality-in-japan-zffmrwsvwgj.

“Sejarah Lengkap Penayangan Anime Di TV Indonesia, Dari Era 80An Hingga Sekarang”. KASKUS, 2018, https://www.kaskus.co.id/thread/5b94dcb9c1d7706b378b4569/sejarah-lengkap-penayangan-anime-di-tv-indonesia-dari-era-80an-hingga-sekarang/.

Whitbrook, James. “A History Of Gundam, The Anime That Defined The Giant Robot Revolution”. Io9.Gizmodo.Com, 2015, https://io9.gizmodo.com/a-history-of-gundam-the-anime-that-defined-the-giant-r-1690326227.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More