Merdeka! Ini 5 Anime Bertemakan Perjuangan

0 253

Kanau.org – Perjuangan dan merdeka menjadi unsur utama pada bulan Agustus setiap tahunnya di Indonesia. Hal tersebut disebabkan pada bulan Agustus, bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya dari penjajahan. Banyak kegiatan yang memiliki tema perjuangan biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus di berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

Maka, berdasarkan hal tersebut Kanau ingin membuat daftar anime bertemakan perjuangan demi mendapatkan sebuah kebebasan yang didambakan oleh para tokohnya. Diharapkan dapat membangkitkan rasa semangat kalian pada saat menonton anime-anime ini.

Tanpa panjang lebar lagi, ini dia rekomendasi 5 anime bertemakan perjuangan versi Kanau.

1. Code Geass

Anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.
Code Geass

Bisa dikatakan menjadi salah satu anime terbaik yang bertemakan perjuangan dan kemerdekaan, siapa lagi kalau bukan Code Geass. Anime ini mengisahkan tentang kerajaan Holy Britannian Empire yang menjajah hampir seluruh negara di dunia, termasuk Jepang. Penduduk lokal di negara jajahan, biasanya digusur dan diusir ke daerah pinggiran oleh para aristokrat.

Lelouch, Pangeran Britania bersama adiknya dibuang oleh ayahnya yang sekaligus Raja, dan harus tinggal sebagai rakyat biasa di Jepang. Akibatnya, sang Pangeran menaruh dendam terhadap ayahnya. Pada suatu hari, sebuah kekuatan ghaib tiba-tiba jatuh kegenggamannnya, dan sejak saat itu Lelouch berambisi untuk membalaskan dendamnnya agar dapat menghentikan kekejaman pemerintahan tirani Britania.

2. Shingeki no Kyoujin/Attack on Titan

Anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.
Shingeki no Kyojin/Attack on Titan

Anime yang memiliki tokoh utama super populer yakni, Eren Yaeger, termasuk ke dalam anime yang bertemakan perjuangan dan kemerdekaan. Eren Yeager berjuang keras demi mendapatkan sebuah kemerdekaan atau kebebasan dari monster yang bernama Kyoujin atau Titan, serta melepaskan belenggu bangsa Marley yang membuat bangsanya, bangsa Eldian harus hidup terjebak dalam tiga lapis tembok super raksasa.

3. Guilty Crown

Anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.
Guilty Crown

Ouma Shu seorang siswa SMA biasa secara tidak sengaja bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Yuzuriha Inori, yang merupakan vokalis grup musik ternama EGOIST. Shu sangat senang ketika bertemu dengan Yuzuriha Inori, disebabkan dirinya sangat mengidolakan sosok Inori. Namun, berkat pertemuan tersebut, membuat Shu turut mengetahui sisi lain Inori selain menjadi seorang penyanyi terkenal, bahwa Inori merupakan anggota organisasi pemberontak, Funeral Parlor.

Organisasi tersebut memiliki tujuan untuk membebaskan Jepang dari GHQ, organisasi internasional yang mengambil alih Jepang, semenjak tragedi “Lost Christmast” yang menjadi awal mula virus Apocalypse menyebar di Jepang. Sepanjang masa pemerintahan GHQ, mereka menerapkan peraturan yang kejam dan mengekang kebebasan masyarakat Jepang. Oleh sebab itu, organisasi Funeral Parlor ingin merebut kembali kemerdekaan Jepang dari tangan GHQ.

Anime ini tidak hanya memiliki alur cerita dan tokoh yang menarik, tetapi lagu-lagu yang terdapat di dalamnya pun sangat bagus dan enak didengar, yang dibawakan oleh EGOIST.

4. 86

Anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.
86

Anime berfokus pada perjuangan para tokoh yang tinggal di sektor 86 Republik San Magnolia. Mereka berjuang sekuat tenaga berperang melawan pasukan Legiun, pasukan pesawat nirawak kerajaan Giadian. Di sisi lain, mereka juga harus berjuang agar terbebas dan merdeka dari tindakan rasis dari ras Alba, ras utama di Republik San Magnolia. Ras Alba menjadi penguasa di negeri tersebut, karenanya mereka menganggap ras selain ras Alba bukanlah manusia dan keturunan babi. Alhasil, para penghuni di sektor 86 dibiarkan menjadi tameng manusia dengan mengirimkannya ke medan perang dan membiarkan mereka mati di sana.

5. Koutetsujou no Kabaneri

Anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.
Koutetsujou no Kabaneri

Anime ini selain memiliki tema perjuangan, juga bertema pertahanan hidup atau survival. Cerita pada anime berpusat pada umat manusia yang berjuang bertahan hidup dari zombi berjantung besi. Bentuk upaya pertahanan hidup, umat manusia membuat stasiun kereta yang dapat dihuni dan mencegah serangan zombi dari luar stasiun. Berhasilkah umat manusia merdeka dan terbebas dari ancaman zombi, dan dapat hidup dengan aman dan tentram.


Itulah 5 anime bertemakan perjuangan dan kemerdekaan yang harus banget kamu tonton. Ikuti informasi menarik lainnya seputar budaya populer Jepang atau Jejepangan di Facebook dan Instagram Animanga Update.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Ciao.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More