Makanan Favorit Orang Jepang! 5 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Kanau.org – Bukan rahasia lagi bahwa orang Jepang suka mengkonsumsi rumput laut. Manfaat rumput laut sendiri ada banyak, baik untuk kesehatan atau kecantikan. 

Rumput laut memiliki rasa yang gurih. Tidak heran orang Jepang menyukai rumput laut. Rumput laut kering sering digunakan untuk membuat sushi. 

Kira-kira apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Memperlambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat rumput laut yang pertama adalah mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Rupanya, rumput laut mengandung nutrisi yang baik untuk menghambat sel kanker tumbuh. 

Tidak hanya itu, rumput laut juga efektif dalam mengatasi tumor ganas dan leukemia. Rumput laut juga cukup bermanfaat untuk mengatasi penyakit kanker payudara. Tidak heran wanita gemar mengkonsumsi rumput laut. 

Mempercepat proses penyembuhan luka

Jika terjadi luka, disarankan untuk mengonsumsi rumput laut. Hal ini karena rumput laut dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Bukan tanpa alasan, beberapa rumput laut mengandung antibakteri dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut efektif untuk untuk mengatasi iritasi pada kulit. Rumput laut juga tinggi akan vitamin K yang dapat membantu tubuh mempercepat proses pembekuan darah.

Menjaga asupan air dalam tubuh

Manfaat lain dari rumput laut adalah menjaga asupan air dalam tubuh. Budidaya rumput laut yang dilakukan pada perairan air asin (air laut). Ini membuat kandungan garam pada rumput laut cukup tinggi.

Garam yang terkandung pada rumput laut dapat membantu menjaga asupan air di dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah seseorang terkena dehidrasi. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secukupnya.

Menjaga kesehatan pencernaan

Rumput laut juga dapat menjaga kesehatan pencernaan kita lho. Hal ini karena rumput laut mengandung serat yang tinggi. Serat dibutuhkan manusia agar pencernaan tetap terjaga.

Apabila kebutuhan serat terpenuhi, maka kalian akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Namun, ketahui batas dalam mengkonsumsi rumput laut karena dapat menimbulkan diare.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Rumput laut juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Ini tentu cocok buat kalian yang sedang menjalankan program diet pastinya.

Dari hasil penelitian, rutin mengkonsumsi rumput laut dapat menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena kandungan serat yang tinggi pada rumput laut.

Nah, demikianlah 5 manfaat rumput laut. Tidak hanya memiliki rasa gurih, namun juga kaya akan manfaat.