Kembali Terjadi! Tidak Ada Anime Yang Masuk Dalam Nominasi Oscar Tahun Ini

2 minutes reading
Thursday, 26 Jan 2023 13:24 0 31 Hendrik

Kanau.org – Academy of Motion Picture Arts and Sciences resmi mengumumkan daftar judul film animasi yang berhasil masuk nominasi Animated Feature Film untuk perhelatan Oscar ke-95. Munculnya berita ini sekaligus membawa kabar buruk bagi para pecinta anime di dunia. Pasalnya, dalam daftar nominasi tersebut tidak terdapat satupun judul anime yang tercantum.

Ini artinya, tidak ada satupun anime atau animasi jepang yang berhasil masuk kedalam nominasi oscar ke-95 tahun ini. Daftar nomasi tersebut langsung mendapatkan perhatian dari para fans, banyak warganet di forum sosial media yang mempertanyakan masalah “Kenapa anime tidak masuk dalam nominasi ini”, mengingat pada tahun 2022 lalu ada beberapa Film anime yang bisa dibilang layak untuk bersaing dalam ajang tersebut.

Nominasi Animated Feature Film Oscar-95
Nominasi Animated Feature Film Pada Oscar ke-95

Ini bukan kali pertamanya tidak ada anime yang masuk kedalam nominasi ajang penghargaan bergengsi tersebut, jika menilik ke tahun-tahun sebelumnya sebenarnya hal ini sudah sangat biasa dan wajar.

Banyak dari kalangan yang menyebutkan bahwa beberapa anime tidak masuk nominasi dikarenakan belum memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak Academy Awards.

Poster Spirited Away dan Hayao Miyazaki dengan piala Oscarnya.
Poster Spirited Away dan Hayao Miyazaki dengan piala Oscarnya (sumber:kotakgame)

Fakta menariknya adalah sampai saat ini hanyalah Spirited Away yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan dianimasikan oleh Studio Ghibli lah yang mampu memenangkan piala bergengsi ini.

Diketahui beberapa judul animasi yang akan berlaga dalam Perhelatan Oscar ke-95 tersebut hanyalah Guillermo del Toro’s Pinocchio, Marcel the Shell with Shoes On, Puss in Boots: The Last Wish, The Sea Beast, dan Turning Red.

Pemenang untuk nominasi Animated Feature Film ini akan diumumkan dalam malam penghargaan Academy Awards atau Oscar ke-95 yang akan diadakan pada tanggal 12 Maret 2023 mendatang.

Sumber : oscar.org

Editor:
  • BlueHeaven
  • Hendrik

    Japanese Culture And IT Enthusiast

    No Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *