Perundungan Dunia Maya Di Jepang, Sebagian besar Terjadi di dalam Gim Daring!

0 74

Perundungan dunia maya (cyberbullying) adalah aksi perundungan yang menggunakan teknologi digital untuk melancarkan aksinya. Kasus perundungan dunia maya biasanya banyak ditemui di berbagai jejaring media sosial.

Meskipun tidak dilakukan secara langsung, tetapi perundungan dunia maya punya dampak yang cukup ekstrem bagi korban, Contohnya seperti terjadinya depresi, stres hingga serangan mental.

Baru-baru ini, portal Jepang Yahoo! News Japan menerbitkan sebuah artikel dengan hasil penelitian tentang peningkatan perundungan dunia maya di kalangan anak muda di Jepang, laporan tersebut menunjukkan peningkatan hampir 4 persen dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya.

Fakta menarik dari laporan tersebut ialah mengatakan bahwa lebih dari 40% aksi perundungan dunia maya terjadi di dalam gim daring. Hal ini menjadi masuk akal karena banyak siswa yang menghabiskan banyak waktu di rumah dengan bermain gim karena efek dari pandemi COVID-19.

Dan berikut ini merupakan data terkait tempat terjadinya aksi perundungan dunia maya terbanyak di Jepang :

  1. Gim daring : 40,7%
  2. Twitter : 22,8%
  3. LINE : 20,8

Terkait kejadian ini, Profesor Seiji Hara, dari Universitas Bukkyo, yang memimpin survei, mengatakan:

“Saya terkejut menemukan bahwa gim daring terlibat dalam 40% dari perundungan dunia maya. Di tengah pandemi COVID-19, bisa dikatakan komunikasi daring sudah menjadi hal yang lumrah. Namun di dunia game, baik orang tua maupun guru tidak tahu apa yang terjadi di dalam. Komunikasi secara tatap muka antar anggota keluarga di rumah sangatlah penting.”

Sekarang sudah tahu ‘kan, kalau perundungan dunia maya itu merupakan tindakan berbahaya dan bukan lagi hal sepele?

Jadi, jika kamu melihat tindakan perundungan dunia maya segera ingatkan si penyerang dan lindungi si korban. Yuk mulai gunakan internet secara bijak mulai dari sekarang!!

Sumber : Somoskudasai.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More