Intip 5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan, Salah Satu Minuman Favorit Orang Jepang

Kanau.org – Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang Jepang gemar mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau tidak hanya memiliki aroma yang enak, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat teh hijau untuk kesehatan sangatlah banyak.

Teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Tidak mengherankan bahwa teh hijau sering disebut minuman paling sehat di dunia.

Artikel ini akan membahas 5 manfaat teh hijau. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari teh hijau yang pertama adalah membantu dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tidak heran bahwa teh hijau dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan program diet.

Tidak hanya untuk program diet, teh hijau juga bermanfaat untuk orang yang menderita obesitas. Ini karena teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan kadar lemak tubuh, lingkar perut, dan lingkar pinggang.

Meningkatkan Mood

Kebiasaan orang Jepang yaitu mengonsumsi teh hijau di pagi hari. Hal ini berguna untuk meningkatkan suasana hati ketika hendak memulai aktivitas.

Teh hijau mengandung L-theanine yang meningkatkan senyawa dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati. Menemukan teh hijau tidaklah sulit kalian dapat mencoba mengkonsumsi teh hijau di pagi hari supaya mood lebih baik di pagi hari.

Mencegah Diabetes

Mencegah diabetes merupakan manfaat teh hijau berikutnya. Diabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah mengalami peningkatan sementara tubuh tidak mampu merespon insulin dengan baik.

Teh hijau dapat meningkatkan aktivitas insulin sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk manfaat teh hijau yang satu ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kalian sedang mengalami kesulitan untuk tidur, tidak ada salahnya mengonsumsi teh hijau secara rutin. Teh hijau memiliki kandungan L-theanine yang dapat mengurangi hormon stres.

Selain itu, teh hijau juga membantu kalian untuk relaksasi. Kalian dapat menyeduh teh hijau dengan air panas lalu mengkonsumsinya sebelum tidur. Lakukan secara rutin kemudian rasakan perbedaannya.

Menjaga Kesehatan Otak

Teh hijau rupanya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak lho. Teh hijau diklaim dapat menurunkan risiko peradangan otak. Hal ini karena kandungan L-theanine pada teh hijau bermanfaat dalam regenerasi dan perbaikan sel saraf.

Kombinasi kandungan L-theanine dan kafein pada teh hijau dapat membantu meningkatkan konektivitas lobus parietal. Hasil yang didapatkan adalah fungsi kognitif otak menjadi lebih baik. Untuk itu, teh hijau baik dikonsumsi oleh berbagai usia termasuk anak-anak.

Nah, demikianlah 5 manfaat teh hijau yang perlu kalian ketahui. Apakah kalian menyukai teh hijau?