Intip 5 Kebiasaan Sehat Orang Jepang, Bisa Kita Coba!

Kanau.org – Bukan rahasia lagi bahwa orang Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Rata-rata orang Jepang bisa berumur panjang sampai usia 90 tahun. Apa kira-kira kebiasaan sehat orang Jepang?

Kebiasaan sehat orang Jepang terbilang sepele namun berefek besar untuk kesehatan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa orang Jepang memiliki umur yang panjang.

Apa saja kebiasaan sehat orang Jepang yang bisa kita terapkan? Yuk, simak bahasan lengkapnya berikut ini.

Hara Hachi Bu

Kebiasaan orang Jepang yang dikenal dengan sebutan Hara Hachi Bu adalah makan hingga perut terisi 80% dan menyisakan 20% dibiarkan kosong. Kebiasaan ini membuat pencernaan berjalan lebih baik.

Ruang kosong sebesar 20% tersebut memiliki fungsi untuk membantu memudahkan proses pencernaan dengan asam lambung. Jika makanan masuk sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, maka penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik.

Menerapkan Prinsip Ikigai

Konsep Ikigai dilakukan orang Jepang ketika hendak memulai hari. Mereka akan melakukan sesuatu yang memotivasi diri di awal hari.

Kebiasaan simpel ini membuat orang Jepang bisa menemukan kebahagiaan dari hal-hal kecil. Selain itu, mereka juga jadi lebih mudah untuk berpikir positif.

Lebih Suka Berjalan Kaki

Ketika kita melihat negara Jepang, jarang sekali kita menemukan kendaraan pribadi yang berlalu-lalang di jalan. Justru yang kita temukan adalah pejalan kaki di trotoar dan kendaraan umum.

Orang Jepang memang terkenal dengan kebiasaan mereka berjalan kaki. Jika harus pergi ke tempat yang jauh, mereka lebih suka menggunakan kendaraan umum. Berjalan kaki memang lebih sehat untuk tubuh karena termasuk aktivitas olahraga ringan.

Mengonsumsi Teh Hijau

Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Jepang gemar mengonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain itu, teh hijau juga menyehatkan.

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang bisa mengurangi peradangan, melindungi sel-sel tubuh dari penyakit kronis, meningkatkan mood, serta menjaga ketahanan tubuh. Wah, rupanya teh hijau memiliki banyak manfaat. Kalian tertarik mencobanya?

Mengkonsumsi seafood

Hidangan asal Jepang selalu identik dengan hasil laut. Contohnya seperti sushi yang kebanyakan menggunakan ikan salmon sebagai bahan utama. Hasil laut seperti ikan, cumi, dan gurita memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ikan memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak.

Nah, demikianlah 5 kebiasaan sehat orang Jepang yang bisa kalian terapkan. Rupanya kebiasaan sehat orang Jepang sederhana dan mudah dilakukan lho. Tertarik menerapkannya juga?

Sumber: Beautynesia