Ini Alasan Kenapa Kamu Kehilangan Minat Nonton Anime!

0 112
Anime – iQIYI

Kanau.org – “Duh, dulu rasanya kalo nonton anime satu season ngabisin dua hari doang, tapi sekarang mau nonton satu episode saja kok susah, ya?” Eits, apa kamu sekarang ada di posisi itu? Dan merasa bahwa akhir-akhir ini kamu tidak lagi punya keinginan untuk menonton anime? Mau tau penyebab dan cara mengatasinya? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Penyebab Malas Nonton Anime

Minat Nonton Anime
Oreki Houtarou – Hyouka

Akhir-akhir ini, banyak sekali ditemui tulisan orang-orang ataupun mendengar curhatan teman sendiri yang mengatakan mereka sudah kehilangan minat untuk menonton anime. Tentu ketika ditanya, alasan mereka cukup banyak, seperti; anime sekarang yang sudah tidak seperti dulu lagi, faktor internal dalam diri seperti lelah dan bosan, sibuk dengan pekerjaan, dan lain-lain. Sekarang, mari kita bahas satu persatu tentang hal ini!

1.   Bosan

Penyebab utama orang-orang yang mengatakan mereka tidak memiliki minat lagi untuk menonton anime adalah bosan. Hal ini bisa terjadi karena dahulu, kamu terlalu banyak “mengonsumsi” anime sehingga kamu eneg sama yang namanya anime. Sama halnya seperti makanan yang masuk ke dalam perutmu berlebihan, begitulah juga anime. Kamu harus bisa memperhatikan porsinya, ya!

2.   Anime yang kamu tunggu sekuelnya tidak kunjung ada kabar

Alasan lain kamu tidak menonton anime adalah karena kamu hanya mau menonton anime yang sedang kamu tunggu saja. Kamu merasa bahwa anime yang sebelumnya kamu tonton adalah masterpiece sehingga sulit untuk menerima anime lain yang kurang menarik bagimu.

3.   Terlalu banyak pikiran

Pikiran yang penuh dengan hal-hal yang kamu lalui saat ini bisa mempengaruhi mood menonton kamu, loh. Misal, kamu yang terlalu memikirkan masa depan kamu akan jadi apa sehingga ketika kamu menonton kamu menjadi tidak fokus dengan apa yang sedang kamu tonton. Jadinya, kamu malah merasa bahwa tontonan kamu tidak asik lagi. Padahal, kamu yang sedang bergulat dengan pikiran kamu sendiri.

4.   Tumbuh dewasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang faktor umur memang bisa mempengaruhi tontonan. Semakin dewasa kamu, semakin banyak beban yang kamu tanggung. Dan mungkin, kalimat seperti “menonton anime hanya untuk anak-anak” mulai mempengaruhimu.

5.   Circle yang berubah

Lingkungan mempengaruhimu. Mungkin sekarang kamu sudah tidak lagi berinteraksi dengan teman-teman wibumu. Anime sering menjadi bahan obrolan jika kamu sedang bersama teman yang juga menyukai anime. Namun, jika kamu bersama teman yang tidak menonton anime, tentu saja anime tidak bisa menjadi topik obrolan kalian sehingga kamu mulai menyelami hal lain yang membuatmu tidak lagi menonton anime.

6.   Kamu tidak punya waktu lagi untuk nonton

Selamat, sekarang kamu memiliki kegiatan yang membuatmu tidak punya waktu lagi untuk menonton anime! Kamu bukan lagi seorang bocah nolep di dalam kamar yang hanya mampu melihat layar laptop ataupun handphonemu. Kamu sudah mulai terbuka dengan dunia luar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Nah, itulah kira-kira yang menjadi penyebab kamu sekarang kehilangan minat untuk menonton anime, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Hilangnya Minat Nonton Anime

One Piece – Crunchyroll on Twitter

Kamu pasti rindu dengan yang namanya nonton anime sehingga ingin mengembalikan minat tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk hal itu, yaitu

1.   Mulai nonton lagi anime yang kamu suka

Jika kamu benar-benar ingin menonton anime lagi, mulailah menonton anime yang kamu sukai secara perlahan, mungkin kamu bisa rewatch (menonton ulang) anime yang sebelumnya agar minat menonton animemu kembali. Jangan memaksa dirimu untuk langsung menghabiskan beberapa episode dalam sehari, cukup satu episode yang penting kamu menikmatinya.

2.   Ganti genre anime yang kamu tonton

Mencicipi hal baru bukanlah hal yang salah. Jangan berkutat hanya dengan satu genre, cobalah genre yang lain. Mungkin karena yang kamu tonton selalu itu-itu saja, kamu menjadi bosan. Kamu terlalu banyak menonton anime dengan satu genre sehingga kamu sudah muak. Coba ganti dengan genre lain agar ketertarikanmu bisa kembali.

3.   Berpikir bahwa anime hanyalah hiburan

Ingatlah bahwa anime hanyalah hiburan kala kamu merasa lelah dengan kehidupanmu. Sehingga ketika menonton anime kamu hanya terpikir untuk menghapus lelah setelah seharian berkutat dengan beban yang kamu tanggung. Namun, jika lelah yang kamu rasakan adalah tanda agar kamu beristirahat, maka beristirahatlah dahulu. Jika kamu memaksa untuk menonton, kemungkinan yang terjadi, bukannya merasa terhibur, kamu akan merasa bahwa anime adalah penyebab kamu merasa lelah.

4.   Mulai berteman lagi dengan komunitas pencinta anime

Carilah lagi teman yang sama-sama menyukai anime jika kamu ingin update tentang anime. Kamu bisa mencari mereka di media sosial seperti facebook, instagram, twitter, discord, dan lainnya. Jika kamu berteman dengan mereka, kamu akan mulai membahas anime lagi yang mungkin bisa membangkitkan minat kamu untuk menonton anime kembali.

5.   Biarkan saja

Mood menonton anime kembali lagi pada dirimu sendiri. Bagaimana caramu mengatur waktu dan pikiranmu, hanya dirimu lah yang tau. Dan sebenarnya, menonton anime bukanlah kewajiban dalam hidup. Ada hal yang lebih penting dibanding kamu hanya menonton anime. Pendidikanmu, pekerjaanmu, dan kegiatan di kehidupanmu tentu jauh lebih berharga dibanding menonton anime. Namun jika kamu rindu dengan menonton anime, tidak apa untuk mencuri waktu luangmu agar kamu bisa menonton. Cukup tonton satu atau dua episode anime setiap minggunya yang kamu rindukan.


Bagaimana? Apa cara di atas mampu mengembalikan minatmu menonton anime? Atau kamu sudah melakukannya tetapi masih saja tidak berminat untuk nonton anime? Jangan bersedih, teman. Mungkin, kamu memang perlu istirahat sejenak dari yang namanya nonton anime.

Akhir kata, terima kasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya~!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More