Gravure Dalam Dunia Tokusatsu

1 419

Kali ini kita akan membahas mengenai Gravure Idol (グラビアアイドル/Gurabia Aidoru) yang sering kali tampil atau menjadi cast di serial tokusatsu dan apa sebenarnya yang melatari dari hal tersebut?

Apa itu Gravure?

Gravure merupakan salah satu budaya modern populer di Jepang yang tidak hanya memunculkan foto wanita muda dalam balutan pakaian minim, namun juga seragam sekolah, kostum anime dll.

Model gravure rata-rata mempunyai rentang usia 17 sampai pertengahan 20-an. Hal ini dikarenakan gravure Jepang cukup berbeda dengan gravure negara lain, karena wajah imut atau kawaii sudah cukup untuk memenuhi kriteria yang diinginkan pasar. Maka tidak sedikit juga gadis-gadis SMP yang sudah mengikuti audisi semacam ini.

Gravure pertama kali terbit di majalah dengan menggunakan teknik percetakan intaglio, yaitu teknik cetak dengan prinsip penggoresan gambar ke atas permukaan, contohnya seperti uang kertas pada tahun 1960 – 1970. Seiring berkembangnya zaman, tentu gambar yang dihasilkan lebih baik.

Gravure sering ditampilkan di majalah-majalah mingguan, bahkan majalah komik seperti Young Jump, Young Magazine dll. Konten lain yang dihasilkan berupa photo book atau DVD.

Sampul Weekly Young, 8 Agustus 2017

Keterlibatan Gravure Dengan Genre Tokusatsu

Keduanya memang sama-sama berada di dunia entertaiment, jadi tidak aneh jika punya keterkaitan yang bisa dibilang dekat. Bahkan sudah ada sejak akhir tahun 70 dan 80-an. Ada Michiko Makino a.k.a Pink Five dari seri Choudenshi Bioman dan Sayoko Hagiwara a.k.a DynaPink dari seri Kagaku Sentai Dynaman.

TOEI dan Tsuburaya selaku rumah produksi tokusatsu yang paling tersohor saat ini, juga lebih memilih menggunakan pendatang baru dalam memerankan karakter pada series mereka.

Melihat hal ini, tentu agensi model gravure tidak akan membuang kesempatan emas ini, karena jika ditarik mundur lagi, banyak aktor dan aktris tokusatsu yang kini melejit karirnya dan bermain di banyak dorama maupun film layar lebar.

Maka beradu peran di series tokusatsu menjadi batu loncatan yang menggiurkan, jika mereka bisa dengan baik menunjukkan kemampuan mereka.

Reina Kurosaki a.k.a Nico Saiba dari Kamen Rider Ex-Aid

Noa Tsurushima a.k.a Izu dari Kamen Rider Zero-One

Kenapa Gravure?

Pertanyaan ini mungkin sering kalian tanyakan juga, mengingat tokusatsu adalah series yang ditujukan untuk anak-anak. Kembali lagi ke pernyataan diatas tentang TOEI dan Tsuburaya yang lebih mengutamakan pendatang baru untuk memerankan karakter di series mereka.

Di Jepang sendiri mereka menggunakan kontes kecantikan atau kontes ikemen guna mencari bakat adu peran, dan kebanyakan dari kontestan merupakan model sebelumnya.

Jadi tak heran kenapa aktris tokusatsu yang juga berprofesi sebagai gravure idol, banyak kita jumpai. Karena selain good looking, mereka tentu sudah terbiasa dengan sorot kamera, jadi meskipun mereka amatir, namun tidak “terlalu amatir” juga di beberapa hal.

Sumber: The Center of Anime and Toku

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More