5 Genre Anime Populer di Indonesia dari Masa ke Masa

0 189

 

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan para pencinta anime, tentu saja genre dari anime itu sendiri. Hampir semua bentuk cerita memiliki genre, Fungsi dari genre dalam suatu cerita untuk mengelompokkan sebuah klasifikasi dari film tersebut, untuk mempermudah memilah film-film yang dicari sesuai dengan spesifikasi. Selain spesifikasi genre juga berfungsi sebagai sarana antisipasi dari penonton terhadap film yang akan ditonton.

ANIME JEPANG PERTAMA KALI MENGUDARA DI LAYAR KACA INDONESIA SEKITAR TAHUN 1980-AN. NAMUN, ERA KEJAYAAN KARTUN-KARTUN DARI NEGERI SAKURA TERSEBUT SEBENARNYA PADA TAHUN 2000-AN.

5. Tahun 1990-2000: Fantasi, Aksi, Petualangan, Olahraga, Mecha

Nampaknya di awal puncak karir anime, genre fantasi langsung memberikan dampak yang besar. Disuguhkannya anime fantasi dengan rating 13+ memberikan harapan kepada remaja pra-milenium di Indonesia bahwa mereka masih bisa menonton kartun tanpa disebut kekanak-kanakan lagi. Meskipun, tetap ada genre anime lain yang ikonik pada masanya walau tidak sepopuler anime dengan genre sebelah.

Beberapa Anime yang meliputi genre tersebut adalah:

Inuyasha – Sailor Moon – Dragon Ball-Gundam-Slam dunk

cover manga Inuyasha vol.1
Sailor Moon; Tsukino Usagi
cover Anime series Dragonn Ball GT
cover DVD series Gundam: Mobile Suit Gundam SEED
beberapa karakter Anime Slam Dunk

4. Tahun 2001-2005: Aksi, Fantasi, Petualangan, Mecha, Olahraga

Masih dengan genre yang sama dengan para generasi anime pembuka, fantasi-petualangan masih menjadi topik hangat dikalangan penonton di Indonesia

Beberapa anime yang cukup hits dizamannya:

Naruto-One Piece-Neon Genesis Evangelion-Captain Tsubasa

cover Anime Naruto
One Piece dengan beberaopa Tokoh nya
Neon Genesis Evangelion-series Director’s Cut: Resurrection

3. Tahun 2005-2010: Fantasy, Slice of Life, Komedi, Drama, Supranatural

Dikisaran periode ini, anime dengan alur santai mulai banyak diminati, kemungkinan karena anime aksi lainnya kalah saing dengan anime aksi yang sudah terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat sehingga stasiun televisi Indonesia hanya memiliki pilihan anime santai untuk disiarkan. Namun pada masa ini pula, aturan penayangan anime mulai di ‘beranguskan’ atau di filter besar oleh pihak KPI

Beberapa Anime yang meliputi:

Digimon-Air Gear-Fruits Basket-Death Note

Digimon:Data Squad
cover Anime Air Gear
cover Anime Fruits Basket versi lawas
cover Anime Death Note (TV)

2. Tahun 2010-2015: Drama, Romance, Thriller, Action, Fantasy, Supranatural

Pada periode ini, peraturan penayangan anime menjadi ketat, serta banyaknya alasan lain yang membuat kehadiran anime di saluran televisi semakin memudar dan sulit ditemukan. Di sisi lain penggunaan internet menjadi masif digunakan oleh Masyarakat pada masa ini, lalu dimulailah masa peralihan bagi para pencinta anime yang sebelumnya menikmati anime melalui siaran TV menjadi menikmati Anime melalui perangkat seluler dan komputer mereka.

Para Pencinta anime pada masa ini mulai mengenal lebih jauh dunia animanga.

Beberapa Anime yang sekiranya meliputi:

Angel Beats-Anohana-Sword Art Online-Tokyo Ghoul-Your Lie in April

cover Anime Angel Beast
cover Anime Anohana (TV)
cover LightNovel;Sword art Online
coover Manga;Tokyo Ghoul
poster Your Lie in April

1. Tahun 2015-2020: Isekai, Harem, Fantasy, Ecchi, Supranatural, Komedi

Tayangan anime di layar kaca Indonesia sudah benar-benar memudar di era ini, meskipun hanya satu-dua anime yang masih bertahan hingga saat ini. Pada masa ini merupakan masa kedigdayaan nya kaum pencinta anime akut di Tanah Air, mereka sudah mulai mengenali seluk beluk animasi Negeri Sakura tersebut, selain sudah biasa mengunakan perangkat selular mereka untuk menonton anime, dengan kecanggihan dan kepraktisan benda tersebut pula membuat mereka semakin bisa menjelajahi dunia animanga.

Para pencinta anime di masa ini sudah mulai melangkahkan kakinya lebih jauh untuk menikmati anime dengan level yang lebih tinggi, di masa ini level pencinta anime Indonesia mulai memuncak, lahirnya selera anime yang baru, aneh, dan absurd, maraknya situs nonton ilegal, sampai naik daunnya situs unduh video anime hentai, semuanya berkembang pesat di masa ini.

Beberapa anime yang meliputi:

High School DxD-Overlord-Konosuba-Darling in the Franxx-My Hero Academia

cover High School dxd
cover Anime Overlord
beberapa char dalam Anime Konosuba
cover Darling in the Franxx
poster My Hero Academia

Tahun 2020 Hingga Sekarang? Random

Mulai masa awal pandemi COVID-19, tiap jejaring media sosial menjadi ramai dengan berbagai konten random, tak terkecuali dengan aktivitas para pencinta anime. Namun, lama kelamaan kehadiran mereka mulai kembali seperti, entah karena perubahan era konten sarkasme, munculnya pencinta anime bocil cringe, atau sepuh pencinta anime yang sudah mulai lelah dan bosan menonton anime.

Pada masa ini, genre anime yang ditonton oleh para pencinta anime berubah-ubah tergantung musim anime yang sedang berjalan, karena di zaman ini para pencinta anime sudah aktif mengikuti perkembangan animasi Jepang, sehingga tidak ada lagi penjelajahan anime yang bisa dilakukan.

Kebanyakan sepuh pencinta anime di zaman ini sudah ‘kenyang’ menonton anime, mereka lebih sering membaca manga, gim, novel ringan, atau aktivitas Jejepangan yang tidak terlalu menghabiskan waktu, sementara orang yang baru memasuki dunia animanga, masih terus setia menonton anime yang sedang tren.

Intinya, pada saat ini genre anime yang hits di Indonesia adalah genre dari anime yang sedang tren di kalangan pencinta anime. Misalnya, anime bergenre romansa sedang marak dibicarakan, maka pada saat itu juga genre romansa menjadi hits.

Penutup

Kehadiran anime di Indonesia sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama, dan sudah berbagai genre dan judul anime yang menghibur para penikmat dan pencinta anime dalam negeri. Apapun genre anime yang kalian suka, itu bukanlah masalah. Selagi itu bisa menjadi tontonan yang menghibur dan mampu melepas penat dari rutinitas kehidupan nyata.

Sampai jumpa di artikel penulis selanjutnya.

Salam sehat dan sukses untuk kita semua.

Ja nee ~

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More