Fall 2021 : Season of Original

0 177

 

Saat memeriksa daftar anime yang akan tayang pada musim ini. Penulis menemukan sebuah trivia yang cukup unik. Pada musim ini terdapat banyak sekali anime original alias anime yang tidak bersumber dari mana pun, murni dari direksi direktur serta staf lain yang berkaitan dengan plotting atau storytelling-nya di suatu tim proyek serial anime original. Setidaknya ada lebih dari sepuluh anime original yang akan tayang fall nanti, jauh lebih banyak dibanding biasanya.

Kenapa dengan Anime Original?


Secara pribadi, penulis selalu mengapresiasi anime original, bahkan Glassglip sekalipun. Karena penulis sangat yakin untuk membuat sebuah anime original ini sangatlah sulit. Tidak adanya pedoman referensi seperti anime yang diadaptasi dari sesuatu seperti manga, novel ringan, atau gim, membuat hampir kebanyakan pacing dari anime original ini biasanya sering kurang seimbang.

Lalu anime original selalu terasa unik. Banyak faktor yang mempengaruhinya, tetapi faktor yang paling menentukan biasanya adalah premis, tema atau kombinasi keduanya, sebagai contoh adalah Strike Witches yang pertama kali tayang pada tahun 2008. Strike Witches, salah satu dari sedikit anime original yang mendapat banyak movie dan sekuel.

Strike Witches sendiri mengangkat tema atau timeline Perang Dunia II dengan ‘Neuroi’ sebagai musuh bersama umat manusia, yang mana tema seperti ini sangat unik dan yang pertama menurut saya jika kita menggunakan standar anime pre-2010, yang kemudian juga “menginspirasi” lahirnya anime original lainnya dengan tema dan timeline yang mirip, yakni Girls & Panzer yang pertama kali tayang pada tahun 2012.

Contoh lainnya adalah Egao no Daika, salah satu anime original favorit penulis yang menggunakan format sudut pandang dua sisi dari dua orang tokoh utama yang latar, pangkat, dan kepribadian yang berbeda 180°, sebuah pendekatan yang sangat unik menurut penulis. 

Kemudian ada Appare Ranman. Anime ini mengambil tema akhir abad ke-19, yang mana kompetisi teknologi automobile sedang panas-panasnya, dan tema ini juga unik menurut saya yang hampir mustahil ditemukan di anime lain.

Daftar Anime Original Fall 2021


Yup cukup basa-basinya, ayo kita lihat satu-persatu apa saja anime original yang akan tayang pada musim ini :

Format : [Judul anime-(Studio)]

Kaginado (LINDEFILM Kyoto Studio)

 

Cardfight!! Vanguard: overDress Season 2 (GIFTanimation,Kinema Citrus)

Visual Prison (A-1 Pictures)

 

Takt Op. Destiny (MAPPA, Madhouse)

 

Gyakuten Sekai no Denchi Shoujo (Lerche)

 

Build Divide: Code Black (LIDENFILM)

 

Deep Insanity: The Lost Child (SILVER LINK.)

 

Waccha PriMagi! (Dongwoo A&E,Tatsunoko Production)

Muteking the Dancing Hero (Tatsunoko Production, Tezuka Productions)

Hanyou no Yashahime: Sengoku Otogizoushi – Ni no Shou (Sunrise)

 

Deji Meets Girl (LIDENFILMS)

 

Kyoukai Senki (Sunrise Beyond)

 

Selection Project (Doga Kobo)

 

Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru: Dai Mankai no Shou (Studio Gokumi)

 

180 Byou de Kimi no Mimi wo Shiawase ni Dekiru ka? (EKACHI EPILKA, Indivision)

Shikizakura (Sublimation)

 

Puraore! Pride of Orange (C2C)

 

Cukup banyak bukan? Karena itulah Fall tahun ini menjadi salah satu yang spesial bagi penulis. Jarang-jarang anime original bisa sebanyak ini. Lima judul saja sudah terbilang sangat banyak loh … serius. Sekarang ada tujuh belas judul yang akan menghiasi musim fall. Luar biasa!

Oke, cukup di sini saja, sampai bertemu di artikel menarik berikutnya 

Good Bye~

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More