6 Makanan Populer di Jepang, Tidak Hanya Sushi, Lho!

Kanau.org – Jepang tidak hanya terkenal dengan anime dan lagu saja. Makanan populer di Jepang pun banyak digemari oleh banyak negara, Indonesia salah satunya.

Kanauzen pastinya tidak kesulitan menemukan kuliner khas jepang yang biasa dijual di restoran Jepang. Makanan khas dari Jepang memang tidak hanya menarik dari segi tampilan, tapi juga memiliki rasa yang enak.

Makanan khas Jepang yang paling terkenal adalah sushi. Namun, kuliner Jepang rupanya tidak hanya sushi, lho. Masih banyak kuliner Jepang yang tidak kalah lezatnya dengan sushi.

Kira-kira makanan khas Jepang apalagi yang lezat dan populer ya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Sushi

Makanan satu ini tidak boleh dilewatkan dari daftar kuliner khas Jepang yang populer. Sushi merupakan makanan dengan bahan dasar nasi Jepang yang dibungkus dengan rumput laut kering alias nori. Isi dari sushi sendiri bisa beraneka ragam.

Isi dari sushi biasanya ikan salmon, daging ayam, daging kepiting, sayuran, dan masih banyak lagi. Sushi biasanya disantap dengan dicelupkan ke kecap asin Jepang.

Tentu kalian bisa dengan mudah menemukan kedai sushi di Indonesia. Sudah banyak restoran sushi yang tersebar di Indonesia. Harganya pun bisa beragam. Kalian bisa mencari yang sesuai dengan kantong kalian.

2.  Shabu-Shabu

Shabu-Shabu merupakan kuliner Jepang yang berisi irisan daging tipis, tahu, jamur, dan aneka sayuran. Jenis daging yang digunakan antara lain daging sapi, ayam, ikan, dan gurita.

Jika kalian mengunjungi restoran shabu-shabu, kalian akan diberikan edukasi sedikit oleh pramusaji. Shabu-shabu kemudian dimasak di dalam panci besi khusus.

Shabu-shabu direbus dengan kuah kaldu yang segar dan nikmat. Biasanya terdapat 3 pilihan jenis bumbu rebusan shabu-shabu yaitu spicy, miso, dan dashi stock.

3. Ramen

Pasti Kanauzen sudah familiar dengan kuliner khas Jepang yang satu ini. Ramen sendiri sering diperlihatkan di banyak anime. Pasti kalian teringat kedai ramen yang khas, bukan?

Ramen adalah mie asal yang Jepang yang khas di mana ukurannya medium. Ramen sendiri memiliki banyak pilihan rasa. Makanan ini bisa dinikmati dengan kaldu ayam, kaldu sapi, dan kaldu sayur.

Toping yang digunakan pada ramen juga bervariasi, bisa menyesuaikan dengan selera. Ramen merupakan kuliner khas Jepang yang paling dapat diterima oleh lidah orang Indonesia.

4. Onigiri

Pasti Kanauzen tidak asing dengan kuliner khas Jepang yang satu ini. Onigiri atau nasi kepal, rasanya enak dan mengenyangkan. Isi dari onigiri sendiri bisa beraneka ragam.

Di Jepang sendiri, Onigiri kerap kali menjadi bekal untuk anak sekolah. Onigiri adalah makanan sederana yang memiliki cita rasa yang khas.

Isi dari onigiri biasanya ikan tuna, udang, ayam, dan masih banyak lagi. Bahan tambahan yang biasanya ditambahkan adalah mayonise, daun bawang, dan telur ikan.

5. Takoyaki

Takoyaki yang memiliki arti gurita panggang merupakan kuliner khas Jepang yang populer di Indonesia. Pastinya Kanauzen kerap kali menemukan kedai takoyaki di acara bazar makanan.

Bahan dasar dari adonan takoyaki adalah tepung terigu yang kemudian disiram ke dalam cetakan khusus. Kemudian adonan diisi dengan gurita, keju, dan isian lainnya.

Makanan khas Jepang ini tergolong dalam jenis jajanan. Cocok jadi camilan untuk menunda lapar. Rasanya gurih dan enak. Apalagi di tambah saus khas Jepang, makin mantap rasanya.

6. Udon

Udon merupakan mie khas Jepang lainnya selain ramen. Perbedaannya terletak pada ukuran mie yang digunakan. Ukuran mie udon lebih besar dibandingkan dengan ramen.

Sebagai pelengkap, Udon biasanya disantap dengan kuah dashi dan kecap asin khas Jepang. Kuliner yang satu ini tidak kalah populer dengan Ramen lho.

Udon kini telah mengalami banyak modifikasi rasa. Kalian bisa menikmati Udon dengan berbagai macam pilihan kuah dan juga toping. Mana varian Udon favorit Kanauzen?

Baca juga: 5 Makanan Sehat Orang Jepang, Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang Orang Jepang!

Nah, demikianlah 6 makanan khas Jepang yang populer. Apa ada makanan favorit Kanauzen di daftar tersebut?